Berita Nasional Terpercaya

Bertahun Baru di Jogja? Ini Pilihan-Pilihan Acara Favorit di Berbagai Lokasi

0

JOGJA, HarianBernas.com – Tahun 2015 ini akan segera berakhir, tahun 2016 sudah di depan mata. Bagi Anda yang sedang menikmati liburan di Yogyakarta, sudahkah Anda merencanakan malam tahun baru Anda?

Jika belum, ada beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, yang dihimpun HarianBernas.com dari berbagai sumber:

1. Pesta Kembang Api di Titik Nol Yogyakarta

Menikmati malam pergantian tahun, banyak warga Jogja yang berkumpul di titik nol kilometer, yaitu tepatnya di sekitar Malioboro ujung, dekat dengan Kantor Pos Besar Yogyakarta. Seluruh Jalan Malioboro hingga alun-alun utara akan dipadati dengan ribuan masyarakat Jogja yang bersama-sama menanti pergantian tahun dan menikmati pesta kembang api. Malam tahun baru ini, Jalan Malioboro akan disterilkan dari kendaraan bermotor.

Di sepanjang Jalan Malioboro sendiri akan banyak terompet dijual dan beberapa festival diadakan. Salah satunya adalah acara wayang kulit semalam suntuk.  Menunggu pergantian tahun dengan menonton wayang tentunya menjadi kegiatan yang unik dan khas, bukan?

2. Pantai Parang Tritis, Bantul

Menikmati suasana malam pergantian tahun dengan sunset bertabur kembang api di Pantai Parangtritis? Kenapa tidak! Pantai ini merupakan pantai populer di Jogja, bagi kamu yang suka keramaian tentu akan merasakan keriuhan suasana malam tahun baru yang sangat meriah. Akan ada ribuan pengunjung Pantai Parangtritis yang akan sama-sama merayakan malam pergantian tahun dengan kembang api. Jangan lupa untuk menyewa losmen murah yang ada di sekitar pantai.

3. Gunung Merapi, Sleman

Ingin menikmati suasana tahun baru di Jogja dengan cara yang unik dan menantang? Maka kamu bisa mencoba menikmati pergantian tahun dengan mendaki Gunung Merapi. Gunung ini akan ramai didatangi oleh pecinta alam ataupun para pendaki. Kemudian, pada jam 12 pergantian tahun semua pendaki akan ramai-ramai menyorotkan lampu senter ke kota Yogyakarta. Seru!

4. Pantai Indrayanti, Gunungkidul

Ingin menikmati suasana tahun baru di Jogja dengan dinner romantis bersama pasangan? Maka kamu bisa berkunjung ke Pantai Indrayanti yang berada di pesisir Gunungkidul. Terdapat berbagai restoran dan penginapan tepat di bibir pantai. Duduk bersama pasangan di gazebo yang ada di bibir pantai akan meningkatkan kadar romantis malam tahun baru Anda. Menikmati dinner ditemani deburan ombak dan bertabur bintang, bayangkan saja sendiri!

5. Gunung Nglanggeran, Gunungkidul

Menikmati fajar pertama tahun baru di Jogja akan membangkitkan semangat, untuk itu kamu dapat mencoba menikmati suasana tahun baru yang berbeda yakti bertolak ke Gunung Nglanggeran yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Benar-benar tahun baru traveler sejati! Anda harus berjalan kaki atau naik sepeda motor dan melewati medan berliku dan tracking. Di sana Anda akan bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu! Jangan lupa untuk mengunjungi rumah 7 keluarga di Puncak Timur Gunung Nglanggeran.

6. Jogja Bay, Maguwoharjo, Sleman

Pada pergantian tahun 2016, Jogja Bay Waterpark, yang terletak persis di samping Stadion Maguwoharjo, akan menghadirkan agenda spesial. Acara tersebut sengaja diselenggarakan untuk menghibur wisatawan dari dalam kota. 

Hiburan bertema 'Ahhoy 2016, New Year Eve with The Pirates at Jogja Bay' ini akan berlangsung di The Harbour Theater. Nuansa glamor dan gemerlap pesta akan diiringi dengan penampilan musik dan pertunjukkan tata lampu serta kembang api. 

Acara malam tahun baru akan diawali dengan sajian makan berkonsep outdoor. Acara akan dipandu oleh MC Camel. Sedangkan penampilan musik akan diisi oleh grup band Yogyakarta yang tengah naik daun, yaitu The Finest Tree.Selain itu, ada juga atraksi dari Freaking Dancer, Obor Fire Dancer, United Band, dan Female DJ Ernesia. Adapula penampilan yang tidak kalah menarik berupa spektakuler show, Jose and The Guardians Past in The Future. Di situ pengunjung bisa berfoto di depan backdrop yang telah disediakan dengan tema Bajak Laut. 

Tepat pukul 00.00 pengunjung bisa melihat fireworks ditemani oleh karakter-karakter Jogja Bay di area luar bersamaan dengan after party dan akan dihibur oleh FDJ Ernesia sampai pukul 01.00 dini hari.

7. Indomaret Kaliurang Pasar Colombo

Tak mau kalah dengan tempat-tempat menarik lainnya, Indomaret Jalan Kaliurang Km 7 pun mengadakan berbagai acara yang tak kalah seru. Setelah menemukan perempatan Ringroad-Kentungan, Anda hanya perlu ke Utara sejauh dua kilometer di Timur (kanan) jalan, Anda akan menemukan perayaan malam tahun baru yang menarik. Acara bertajuk “New Year Eve 2016” ini akan dimulai pukul 20.00 dan dimeriahkan dengan acara  Stand Up Comedy, Angklung Beat Box, Live Music, DJ& Dancer Performance, Firework Party dan Door Prize Game.

Perlu dicatat kamu harus mempersiapkan perjalanan dengan baik mengingat menjelang malam tahun baru jalanan Jogja akan macet. Belum lagi memang ada pengaturan, sebagai contoh jika ingin menikmati malam tahun baru di Malioboro, maka kamu harus sampai di situ sebelum pukul 17:00 sore. Pada jam tersebut suasana jalan Malioboro mulai padat merayap, tempat-tempat lain pun seperti itu, oleh karena itu siapkan rencana liburan tahun baru di Jogja dengan matang. Tidak mau kan acara tahun barunya dilewatkan di jalanan? Happy new year all! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.