Berita Nasional Terpercaya

Antusias, Seratusan Publik Jogja Sambut Sosialisasi Coaching oleh Indonesia Coaching Society

0

JOGJA, HarianBernas.com — Antusiasme warga Yogyakarta mengenali coaching ternyata tinggi. Tak kurang dari 100 orang, termasuk 21 coach dari Jawa-Bali, hadir dalam sosialisasi coaching yang diselenggarakan oleh Indonesia Coaching Society (ICS) bekerja sama dengan Dewan Pendidikan DIY di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Selasa (1/12).

Dibuka oleh Coach Istoto dan Coach Utoro, mewakili penggagas ICS, peserta diajak untuk memahami dasar-dasar coaching. “Belum ada terjemahan yang pas untuk coaching dalam bahasa Indonesia. Sebab, dalam coaching ada unsur penyuluhan, pendampingan, dan pemberdayaan,” terang Coach Utoro yang sehari-hari tinggal di Bogor ini. Peserta yang terdiri dari dosen, pengusaha, mahasiswa, trainer, dan coach tampak serius menyimak pemaparan sederhana ini.

Kepada peserta juga disampaikan meski beda dengan counselling, consulting, training, dan mentoring, namun coaching tidak bisa dilepaskan dari semua itu. Coaching hanya bisa diterapkan kepada mereka yang tidak berbeban di masa lalu. Coaching juga hanya efektif bagi mereka yang sudah cukup mendapatkan bekal dalam training.

Mengapa demikian? Sebab, jelas Coach Utoro, coaching merupakan seni memfasilitasi individu atau organisasi ke tujuan yang diinginkan. “Untuk berpindah dari kondisi saat ini menuju kondisi yang diinginkan, melibatkan sumber daya, rencana, dan strategi dari coachee (yang di-coaching),” papar Utoro.

Bukan hanya mendengarkan pemaparan, peserta juga langsung diundang dalam simulasi coaching secara individual dan kelompok. Simulasi ini dimaksudkan supaya peserta mengalami dan merasakan sendiri bagaimana prinsip-prinsip coaching bekerja, yakni dukung, dengar, dan tanya

Husnul Khotimah, salah seorang peserta yang berprofesi sebagai pengusaha, mengutarakan, usai simulasi ini ia memahami apa pentingnya coaching. “Saya menemukan sendiri jawaban atas persoalan yang saya tanyakan. Rasanya plong,” ujarnya kepada HarianBernas.com

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.