Berita Nasional Terpercaya

Peta Jasa Ekosistem Tingkatkan Ekologi Lingkungan

0

JOGJA,HarianBernas.com–Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa (P3EJ) meluncurkan peta jasa ekosistem. Peta ini menjadi daya dukung dan daya tampung peningkatan ekologi lingkungan di Pulau Jawa.

Peta tersebut dapat dijadikan referensi bagi daerah dalam membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Bahkan dapat dimanfaatkan para pemimpin baru nanti dalam mengambil kebijakan.

“Peta ini dapat digunakan pemimpin daerah yang baru dalam pilkada serentak nanti sebagai acuan menyusun RPJMD dan RPJPD dalam enam bulan awal pemerintahannya,” papar Kepala P3EJ. Dr Sugeng Priyanto MSi disela Ekspose Lima Peta Baru P3EJ di Santika Hotel, Selasa (1/12).

Menurut Sugeng, peta jasa ekosistem tersebut menunjukkan 20 jasa ekosistem di Pulau Jawa. Diantaranya potensi air, pangan, hutan, iklim serta penyedia serat.

Dengan mengacu pada peta tersebut, semua pemeritah daerah di Jawa bisa tahu, melakukan koreksi bahkan berupaya mengembangkan potensi daerah masing-masing.

“Peta ini bisa menjadi alat bantu penyusun rencana yang bersifat spasial. Apalagi pada tahun 2025 nanti akan semakin banyak terjadi urbanisasi,” ungkapnya.

Sementara Direktur Pencegahan Dampak Lingkungan, Kebijakan Wilayah dan Sektor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir Laksmi Wijayanti MCP mengungkapkan, peta jasa ekosistem itu menjadi upaya  perlindungan lingkungan hidup.

“Lokasi potensi bencana di Pulau Jawa makin melebar dan potensi penyebab kematiannya juga semakin besar. Diperlukan dasar acuan pembangunan agar apa yang dilakukan ke depan bisa mendatangkan manfaat lebih, bukan justru kerugian bahkan bencana,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.