Berita Nasional Terpercaya

Susi: IUU Fishing Itu Masalah Seluruh Negara

0

MANADO,HarianBernas.com?Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, pemerintah Republik Indonesia saat ini berurusan keras dengan sebuah kejahatan di dunia kelautan. Yaitu terkait Ilegal, Unreported and Unregulated Fishing atau IUU Fishing. Hal yang sama juga dihadapi oleh negara-negara lain di seluruh penjuru dunia.

IUU kata Susi harus diperangi. Karena bukan saja mengancam lingkungan, tapi juga merusak ekosistem laut, berbahaya bagi stok ikan di laut, serta mengancam populasi binatang dan keanekaragaman hayati laut. IUU juga mengancam kedaulatan dan salah satu sumber pangan di setiap negara.

?Masalah ini tidak akan selesai hanya di satu negara. Ini masalah semua Negara, masalah global. Jadi penanganannya juga harus berdimensi global. Semua negara harus bahu membahu mengatasi masalah ini,? kata Puji disela-sela acara Gala Dinner Workshop on Combating IUU Fishing and Sustainable Fisheries Exercise dan Pembukaan The 11th CTI-CFF Senior Officials Meeting (SOM 11) di Manado, Selasa (1/12).

Indonesia sendiri, merupakan negara dengan wilayah perairan terluas. Luas perairan  Indonesia mencapai 70 persen dari total wilayah negara. Maka sudah bisa dipastikan sebagian besar masyarakat, utamanya masyarakat ekonomi tradisional mengandalkan perairan sebagai sumber penghidupan. Masyarakat bermata pencaharian dan menggantungkan hidup dari perairan dan sumber daya alamnya.

?Sangat penting bagi bangsa ini untuk memastikan kelangsungan dan kelestarian perairan laut dan sumber daya laut ini untuk kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang dan lestari. Kita harus melakukan segala daya untk memastikan kitu terjadi,? katanya.

Disebutkan oleh Susi, termasuk dalam kaitan dengan perairan laut ini, pemerintah terus mendorong pengelolaan terumbu karang yang berkelanjutan di Indonesia untuk kesejahteraan.

Susi meminta seluruh pihak terkait memperkuat kerja sama untuk mencapai tujuan bersama menuju laut yang berkelanjutan, serta pengelolaan laut dan perikanan serta semua sumber daya alamnya untuk kesejahteraan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.