Berita Nasional Terpercaya

Edukasi Masyarakat Tekan Angka HIV/AIDS

0

JOGJA,HarianBernas.com–Program pencegahan perlu terus dilakukan untuk menekan angka kasus HIV/AIDS yang muncul di Indonesia, termasuk di DIY. Salah satunya melalui edukasi terkait HIV/AIDS kepada masyarakat secara berkelanjutan.

“Edukasi secara dini dapat dilakukan untuk mengenali faktor resiko HIV/AIDS, termasuk penularan infeksi,” ungkap dosen Bagian Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran UGM, dr Yanri Wijayanti Subronto PhD SpPD FINASIM.

Menurut Yanri, edukasi sangat penting dilakukan karena saat ini angka penularan HIV/AIDS semakin tinggi. Dari data Dinas Kesehatan DIY misalnya, sejak tahun 1993 hingga September tahun ini, jumlah orang dengan HIV/AIDS mencapai 3.147 orang.

Kasus tersebut paling banyak dialami masyarakat kelompok usia 20 hingga 49 tahun. Mayoritas orang dengan HIV/AIDS merupakan laki-laki.

Karenanya peran serta berbagai pihak dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya bagi seseorang yang terinfeksi HIV/AIDS dihimbau segera mengikuti terapi ARV dan tidak menularkan pada orang lain.

Masyarakat juga diharapkan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang HIV/AIDS. Sehingga mereka mengetahui cara mencegah terinfeksi dan status HIV-nya.

“Selain itu melalui edukasi itu maka masyarakat tidak melakukan diskriminasi terhadap populasi tertentu dan orang yang terinfeksi,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.