Berita Nasional Terpercaya

Dua Kilometer Sungai = 21 Karung Sampah

0

JOGJA, HarianBernas.com ? Sampah yang dibuang ke sungai, selain mencemari lingkungan, juga menghambat aliran air. Saat volume air bertambah akibat hujan lebat, bisa jadi biang keladi banjir. Anak kecil pun tahu itu.

Tetapi, perilaku membuang sampah di sungai belum juga hilang. Pelakunya jelas bukan anak kecil, tapi orang dewasa yang tidak peduli orang lain, apalagi lingkungan.

Sampah yang mengotori sungai-sungai di Jogja luar biasa banyaknya. Ulu-ulu (petugas kebersihan sungai di Jogja) mengangkat sampah sebanyak 21 karung per dua kilometer panjang sungai.

Setiap hari, sebanyak 35 orang ulu-ulu yang dipekerjakan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta membersihkan empat aliran sungai besar yang ada di Jogja. Sebanyak 14 orang petugas beroperasi di Sungai Code, sembilan orang beroperasi di Sungai Winongo, tujuh orang beroperasi di Sungai Gajah Wong dan lima orang beroperasi di Sungai Manunggal. Dua kali seminggu, tiap Selasa dan Kamis, mereka membersihkan sungai bersama-sama.

?Masih banyak warga masyarakat yang buang sampah di sungai, umumnya yang tinggal di kawasan bantaran sungai. Macam-macam sampah yang kita angkat dari sungai. Macamnya paling banyak popok bayi sekali pakai. Tiap hari ada saja temuan popok bayi sekali pakai,? tutur Kepala Sub Bidang Pemulihan Lingkungan pada Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta, Peter Lawoasal.

Karena itu, selain membersihkan sungai, ulu-ulu juga diberi tugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sampah di sungai bisa menyebabkan pencemaran, menjadi sarang penyakit, juga menghambat aliran sungai.

?Sungai yang dipenuhi sampah bisa meluap airnya kalau hujan lebat, bisa banjir. Masyarakat sendiri kan yang paling dirugikan,? tuturnya.

Meskipun sosialisasi berulang kali dilakukan, masih banyak yang belum sadar untuk tidak membuang sampah di sungai. Oleh karena itu, ulu-ulu akan dibekali jala agar lebih banyak sampah yang bisa diangkat dari sungai. Selain itu, tahun depan BLH akan menambah jumlah ulu-ulu menjadi 40 orang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.