Berita Nasional Terpercaya

Pengedar Narkoba Cukup Sukses Regenerasi Pecandu

0

JOGJA, HarianBernas.com – Di dunia bisnis dikenal istilah regenerasi pelanggan. Perusahaan mengupayakan berbagai macam cara untuk memasarkan produk kepada kalangan yang usianya lebih muda. Tujuannya agar produk mereka laku sepanjang masa, tidak tergantung pada satu generasi pelanggan.

Pun demikian dengan pengedar narkoba. Mereka selalu berupaya melakukan regenerasi pecandu narkoba. Upaya para pengedar tampaknya cukup sukses. Tak heran jika bermunculan korban narkoba dari kalangan siswa SMP, bahkan SD.

Baca juga: Tertarik menjadi CEO atau Owner? Simak perbedaan keduanya

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, Soetarmono mengatakan, data terbaru menyebutkan, di DIY terdapat 62.028 orang pecandu narkoba. Dari jumlah itu, sebanyak 26.726 orang masuk kategori coba pakai, atau baru satu-dua kali memakai narkoba alias baru coba-coba.

Menurutnya, tak jarang mereka yang masuk kategori coba pakai itu mengenal narkoba dari pemberian pengedar secara gratis. “Jaringan sindikat narkoba itu sering menawarkan narkoba secara gratis pada awalnya. Kemudian, setelah kecanduan, para pecandu yang awalnya coba pakai ini bisa menjadi konsumen baru bagi para pengedar,” tutur dia.

Upaya regenerasi pecandu ini sering tidak disadari para orangtua. Pikir mereka, narkoba harganya cukup mahal, sehingga anaknya tidak mungkin bisa mengonsumsi.

“Tapi pengedar selalu melakukan usaha regenerasi pecandu. Jadi wajar yang coba pakai sangat banyak untuk memancing mereka (generasi muda) agar kecanduan,” ungkap Soetarmono pada Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) DIY.

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.