Berita Nasional Terpercaya

Rumah Pintar Pemilu : Media Informasi Seputar Pemilu

0

SLEMAN, HarianBernas.com – Dalam rangka membantu masyarakat agar lebih cerdas dan pintar untuk menentukan pilihannya dalam Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman telah mendirikan Rumah Pintar Pemilu. Rumah pintar Pemilu yang berbentuk tenda tersebut didirikan di halaman Kantor KPU Sleman. Launching Rumah Pintar Pemilu telah dilakukan Ketua KPU Sleman, Ahmad Shidqi, kemarin.

Menurut Ahmad Shidqi, bentuk Rumah Pintar Pemilu bisa permanen dan bisa menggunakan tenda.
“Dalam rumah pintar Pemilu ada beberapa buku panduan tentang Pemilu, baik itu modul  hasil Pemilu yang  tujuannya adalah untuk mencerdaskan pemilih, menampilkan juga siapa calon Bupati dan Wakil Bupati, visi misi dan lainnya,” kata Ahmad Shidqi, Rabu (2/12).

Sementara  Komisioner KPU Sleman Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Humas, Indah Sri Wulandari mengatakan Rumah Pintar Pemilu merupakan konsep sosialisasi untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat tentang Pemilu, baik itu Pilkada maupun Pemilu secara nasional, dan akan terus berdiri selama lembaga penyelenggara Pemilu ada.

Di dalam Rumah Pintar Pemilu juga disampaikan sejarah Pemilu di Indonesia, sehingga masyarakat memahami arti penting Pemilu dan sadar memiliki hak pilih?

Indah menjelaskan, ada tiga variabel soal Rumah Pintar Pemilu, pertama pendiriannya di kantor KPU setempat yang permanen, kedua bisa didirikan menggunakan tenda untuk melakukan sosialisasi dalam berbagai kegiatan di masyarakat, dan ketiga penggunaan buku dan video untuk melakukan sosialisasi ketika diundang oleh masyarakat?

“Idenya muncul dari pilot project tentang pendidikan pemilih oleh KPU pusat, realisasinya diserahkan kepada masing-masing KPU di kabupaten dan kota,” kata Indah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.