Berita Nasional Terpercaya

PT Jadi Agen Perubahan Budaya

0

JOGJA,HarianBernas.com— Dirjen Sumber Daya IPTEK Kemenristekdikti Prof dr Ali Gufron Mukti menyatakan, perguruan tinggi (PT) harus mampu menjadi agen perubahan budaya. Mereka tidak melulu jadi menara gading yang fokus pada pendidikan dan penelitian tanpa memperhatikan kepentingan masyarakat.

Baca juga: Rumah Joglo, Rumah Adat Jawa yang Memiliki Banyak Keunikan

“Pembangunan bangsa tidak hanya pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu PT tidak bisa lagi menjadi 'menara gading' yang hasil penelitiannya sekedar wacana dan menjadi jurnal di perpustakaan,” ungkap Gufron disela Konferensi Internasional Keperawatan di Sekolah Pascasarjana UMY, Rabu (2/12).

Menurut Gufron, PT juga berperan dalam pembangunan ekonomi bangsa Indonesia ditengah persaingan global. Karenanya paradigma pendidikan di perguruan tinggi harus diubah dengan perguruan tinggi sebagai pelakunya.

“Perguruan tinggi juga harus ikut membangun ekonomi bangsa,” tandasnya.

Gufron menyebutkan, penelitian yang dilakukan perguruan tinggi harus diimplementasikan sektor industri. Dengan demikian industri bisa mengembangkannya lebih luas untuk dimanfaatkan masyarakat luas.

Baca juga: Mengenal Keunikan Rumah Adat Jambi yang Memiliki Ukiran Eksotik

Leave A Reply

Your email address will not be published.