Berita Nasional Terpercaya

Namanya Disebut 66 Kali dalam Kasus Rekaman Freeport, Mengkopolhukam Siap Beberkan Bila Dipanggil MKD

0

JAKARTA, HarianBernas.com–Guna menjelaskan duduk masalah sekaligus mengklarifikasi atas rekaman yang menyebut namanya sampai 66 kali, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan menyatakan siap memberikan penjelasan dalam sidang di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Secara tegas ia mengatakan sangat senang bila dipanggl MKD agar semuanya tuntas.

Luhut B Panjaitan yang sebelumnya menjadi Kepala Staf Kepresidenan Joko Widodo ini, Rabu (2/12) mengaku ingin memberikan keterangan soal pertemuannya dengan Chief Executive Officer (CEO) Freeport McMorran James Robert Moffet atau Jim Bob pada tahun 2012. Karena, menurut Luhut, pertemuan yang dilakukan empat tahun lalu itu guna membahas divestasi PT Freeport Indonesia.

Dalam rekaman yang diputar di sidang MKD dengan menghadirkan pengadu Menteri ESDM Sudirman Said, Rabu malam, nama Luhut disebut-sebut sebanyak 66 kali dalam pertemuan yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, dan pengusaha Muhammad Riza Chalid.

Sidang yang diadakan MKD itu terkait dugaan upaya pemerasan oleh Wakil Ketua DPR Setya Novanto terhadap PT Freeport Indonesia dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Dan menurut rencana, MKD akan menghadirkan Presiden Direktur PT Freeport Maroef Sjamsoeddin dan Muhammad Reza Chalid dalam sidang yang digelar Kamis (3/12).

Dugaan pemerasan yang dilakukan Setya Novanto berawal dari laporan yang disampaikan Menteri ESDM Sudirman Said ke MKD beserta bukti transkrip rekaman percakapan. Setelah memanggil semua saksi, MKD dijadwalkan akan menggelar konsinyering dan mengundang Setya Novanto.

Leave A Reply

Your email address will not be published.