Berita Nasional Terpercaya

Ungkap Kasus “Money Politics” dalam Pilkada Serentak, DPD PDIP Janjikan Hadiah Rp 2 Juta

0

JOGJA, HarianBernas.com — Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Bambang Praswanto kepada sejumlah media hari ini mengharapkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama memberantas praktik politik uang atau money politics. DPD PDIP DIY bahkan menjanjikan hadiah sebesar Rp 2 juta bagi masyarakat yang bisa melaporkan kasus money politics.

 

?Kami meminta kepada semua pihak, baik itu internal maupun eksternal di masyarakat, kalau bisa menangkap kasus money politics, kita memberi penghormatan, karena mereka adalah pahlawan pemilu, per kasus sebesar Rp 2 juta,? katanya, Kamis (3/12) kemarin.

Bambang Praswanto menyatakan, PDI Perjuangan akan membuka posko dari tingkat anak cabang sampai daerah untuk menerima laporan dari masyarakat. Tawaran hadiah Rp 2 juta terbuka untuk umum dan pelapor harus bisa menunjukkan data yang akurat.

?Kami ingin agar pemilu di Indonesia bebas dari money politics. Bagi saya, money politics itu njijiki (menjijikkan, red),? ujar Bambang.

Partai berlambang banteng dengan moncong putih ini telah membentuk Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN). Badan tersebut juga telah diturunkan sampai ke tingkat daerah untuk menghadapi pilkada serentak tahun ini.

?BSPN ini nantinya akan menjadi saksi dan ujung tombak kita di setiap TPS. Termasuk untuk menengarai adanya kecurangan seperti money politics atau suara kita yang hilang,? ungkap dia.

Terpisah, Kapolda DIY Brigjen Polisi Erwin Triwanto menjanjikan akan meningkatkan intensitas pengamanan tiga daerah yang menggelar pilkada yaitu Kabupaten Sleman, Bantul, dan Gunungkidul. Tak hanya itu saja, Kapolda juga akan mengantisipasi sejumlah kecurangan yang mungkin terjadi seperti praktik money politics. Kepada HarianBernas.com, Erwin juga akan memfokuskan langkah antisipasi kebiasaan serangan fajar yang dilakukan menjelang momentum pencoblosan.

?Kita mungkin mengantisipasi operasi serangan fajar. Kita tidak ingin ada kecurangan-kecurangan dalam pemilu kali ini,? kata Erwin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.