Berita Nasional Terpercaya

Dicanangkan, Gerakan Menulis Jogja untuk Meningkatkan Sektor Pariwisata

0

Yogyakarta, HarianBernas.com – “168 profesi di Jogja sebaiknya bisa menulis untuk meningkatkan pariwisata Yogyakarta,” usul Putu Putrayasa, CEO Hebat Group dan STIEBBANK Yogyakarta dalam kuliah umum bagi mahasiswa semua angkatan STIEBBANK, sekaligus meluncurkan Gerakan Menulis Jogja (GEMA) di Gelanggang Kampus STIEBBANK, jalan Magelang km.8, Yogyakarta, Kamis (3/12). Selain Putu, kuliah umum bertopik “Writing Skills dan Peluang Usaha” tersebut juga menghadirkan AA Kunto A (Pemimpin Redaksi HarianBernas.com) dan YB Margantoro (Redaktur Senior Harian Bernas).

Menulis merupakan kemampuan langka yang memiliki investasi luas. Bahkan, sebagaimana ditulis Denni Candra di Harian Bernas edisi Sabtu (3/12) halaman pertama, “Jikalau peluru bisa menembus satu kepala, maka tulisan bisa menembus jutaan kepala,” Putu menekankan hal tersebut di depan audiens yang didominasi mahasiswa dan kaum muda ini.

Baca juga: Mengenal Jenis Puisi Lama dan Puisi Baru serta Contohnya

“Bayangkan jika ada 168 profesi, seperti tukang ojek, tukang becak, tukang parkir dan sebagainya, yang menulis, maka Yogyakarta akan bisa memecahkan rekor baru di mana masyarakatnya gemar menulis. Tentunya ini akan meningkatkan sektor pariwisata di DI Yogyakarta,” imbuh peraih rekor MURI pendiri perguruan tinggi termuda ini.

Sebagai realisasi dari mengoptimalan gerakan menulis ini, seluruh peserta diajak untuk membubuhkan tanda tangan sebagai tanda untuk siap terlibat dalam kegiatan GEMA ini. Sebagai follow up, akan dicanangkan hari khusus, yaitu Kamis Menulis. Pada hari itu para penulis akan membentuk kelompok kecil untuk menularkan gerakan menulis ini kepada siapa saja.

“Setiap profesi pasti melakukan kegiatan menulis. Bahkan, seorang akuntan pun pasti melakukan kegiatan tulis menulis,” ungkap Kunto. Pernyataan tersebut didukung dengan pernyataan YB Margantoro di akhir sesi yang mengatakan bahwa setiap orang adalah penulis.

Baca juga: Mengenal Teks Berita, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Penulisannya

Leave A Reply

Your email address will not be published.