Berita Nasional Terpercaya

Layanan SIM Online Diserbu Warga

0

YOGYAKARTA, HarianBernas.com -?Ribuan warga sangat antusias untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) saat berlangsungnya launching program SIM online secara nasional, Minggu (6/12) kemarin, di Jalan Margo Utomo. Peluncuran ini serentak di 32 Polda dan 48 Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) di berbagai daerah di Indonesia.

Kapolda DIY Brigjen Polisi Erwin Triwanto menyebutkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat menunjukkan layanan SIM online sudah sangat dibutuhkan. Terlebih lagi, banyak warga dari berbagai penjuru Nusantara yang tinggal dan menetap di DIY.

?Saya rasa masyarakat sangat membutuhkan. Dilihat dari banyaknya masyarakat yang hadir saat ini untuk memperpanjang tanpa perlu ada konsekuensi pembuatan baru. Tapi setelah itu, kita memberi jangka waktu maksimal tiga bulan bagi warga yang sudah habis untuk memperpanjang,? katanya.

Di tengah kerumunan warga yang hendak memperpanjang SIM, Kapolda sempat menanyakan kepada salah satu warga terkait proses perpanjangan secara online. Antonius, warga asal Flores Nusa Tenggara Timur itu mengaku sangat senang dengan adanya layanan perpanjangan SIM secara online.

?Ini cuma butuh waktu lima menit. Berarti cepat dan tidak perlu lama,? ujar Kapolda.

Saat disinggung tentang peningkatan pelayanan SIM online. Kapolda menyatakan akan mengevaluasi jika diperlukan pembenahan.

?Kalau memang harus ada yang diperbaiki lagi, akan kita pelajari. Tapi kalau kita melihat sampel tadi satu orang (warga NTT) yang sangat apresiatif karena lima menit sudah jadi, berarti layanan ini sangat dinantikan warga,? terangnya.

Pada acara launching yang dirangkai dengan kegiatan Sehari Bersama Polisi Lalu Lintas dan Aksi Keselamatan Lalu Lintas 2016 di sepanjang Jalan Margo Utomo, Ditlantas Polda DIY menyediakan enam unit bus SIM keliling, dan juga stan pemeriksaan kesehatan. Tersedia juga booth Bank BRI sebagai sarana pembayaran biaya perpanjangan SIM.

Direktur Ditlantas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Polisi Tulus Ikhlas Pamodji kepada Bernas menyebutkan layanan SIM online sangat dibutuhkan masyarakat di Indonesia. Di DIY, bagi para pelajar, mahasiswa dan pekerja asal luar daerah, keberadaan layanan SIM online sangat memudahkan serta menghemat biaya.

?Mereka tidak perlu lagi pulang ke kampung atau daerah asalnya. Jadi hemat biaya dan juga bisa memudahkan mengatur waktu untuk melakukan perpanjangan SIM,? kata Tulus.Dirlantas juga menyatakan kemudahan ini telah memangkas problem jarak dan waktu. Meski demikian, masyarakat dihimbau agar tidak terlambat untuk memperpanjang SIM.

?Jika sudah lebih dari tiga bulan, tidak bisa lagi dan harus membuat SIM baru,? papar dia.?

Leave A Reply

Your email address will not be published.