Berita Nasional Terpercaya

Brilian, Bagaimana Tanda “@” Ada di Semua Alamat Email?

0

INFORMATIKA, HarianBernas.com –Memutuskan suatu hal tidaklah mudah bagi sebagian orang. Apalagi keputusan tersebut berpengaruh pada banyak hal. Tapi bagaimana jika anda didesak waktu? Anda mau tidak mau berpikir cepat untuk memutuskannya. Pernahkah anda membuat keputusan yang mampu mengubah dunia hanya dalam 30 detik?

Email, suatu aplikasi paling populer di era digital ini, ternyata hasil keputusan cepat dan tepat dari seorang pria genius. Bagaimana perjuangan pria ini? Siapa dia?

Ray Tomlinson, pria asal New York ini, dilahirkan pada tahun 1941. Ia dibesarkan di sebuah desa kecil bernama Vail Mills. Ray merupakan anak yang rajin. Ia bukan berasal dari keluarga yang bergelimang harta. Keluarganya hidup dengan sederhana. Ia adalah alumnus Broadalbin Central School. Selama kuliah, Ray magang di Rensselaer Polytechnic Institute, di mana ia bekerja sama dengan IBM dalam program co-op. Tahun 1963, Ray berhasil menyandang gelar Bachelor of Science di bidang elektro dan dua tahun kemudian, Ray berhasil menyandang gelar S.M.

Perusahaan pertama tempat ia bekerja adalah di Perusahaan Teknologi Bolt, Beranek, and Newman. Di perusahaan ini Ray membantu mengembangkam sistem operasi TENEX. Ia menulis sebuah program transfer file yang disebut CPYNET. Waktu itu Ray diminta untuk mengubah suatu program di mana program tersebut dapat berfungsi untuk mengirim pesan kepada pengguna lain dari komputer time-sharing agar program ini dapat dijalankan di TENEX. Program ini kini disebut email.

Yang menjadi pertanyaan di benak Ray kemudian adalahbbagaimana membedakan pesan yang diarahkan ke luar jaringan dan pesan lain yang dialamatkan ke banyak pengguna komputer pada sebuah kantor? Ray mempelajari keyboard, dan tidak sampai 30 detik, sebuah ide muncul di kepalanya. Ia memutuskan untuk menggunakan tanda “@” sebagai pembeda.

Wow! Hanya 30 detik ia berhasil membuat keputusan yang amat berpengaruh di dunia informatika. Kini, tanda “@” digunakan di semua alamat email. Termasuk alamat email anda, kan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.