Berita Nasional Terpercaya

Perjuangan Ibu yang Putranya Menderita Kanker

0

TIONGKOK, HarianBernas.com— Pengabdian guru perempuan Tiongkok ini cukup mengharukan. Tak mau kehilangan sedikitpun waktunya dengan sang anak, Zhang Wei, perempuan kelahiran 32 tahun silam, selalu mengajak anaknya ke sekolah. Bahkan saat mengajar. Bukan tanpa alasan tindakan ini ditempuh Zhang Wei. Putranya yang berusia 3 tahun ini ternyata mengidap kanker darah (leukimia) tingkat berat. Zhang Wei dalah guru sekolah dasar di Hanshou, Provinsi Hunan, Tiongkok.

Lalu bagaimana Zhang Wei melakukannya?

Dia terpaksa harus selalu menggendong anaknya yang terlalu lemah jika ditinggalkan seorang diri. Di sisi lainnya, Wei harus bisa bekerja untuk mencari tambahan uang penambal biaya pengobatan anaknya yang bernama Tutu yang sudah menjalani serangkaian pengobatan kemoterapi semenjak 1 tahun lalu. Tetapi penyakitnya kambuh lagi sehingga membuatnya harus kembali bertaruh nyawa. 

Zhang menyadari pertama kalinya ketika terdapat sesuatu yang janggal di tubuh anaknya. Seperti yang dilansir di metro.co.uk, “Dia terkadang kerap demam dan kakinya selalu lemah. Kerapkali dia sama sekali tidak sanggup untuk berdiri,” ujarnya. Seusai  didiagnosa mengidap penyakit leukimia, Tutu harus menjalani 11 kemoterapi dalam delapan bulan. Biaya kemoterapi ini menguras uangnya hingga Rp 628 juta. Tak sanggup membayar, Tutu menjalani proses pengobatan alternatif di rumah.

Dokter pernah mengusulkan supaya Tutu dioperasi sebab kankernya semakin liar. Bila tak dioperasi, hidupnya mungkin tak bisa bertahan lama. Baik China Bone Marrow Bank dan juga Taiwan Marrow Donor Programme tak mampu menemukan pasangan yang dapat menjadi pendonor sumsum Tutu. Zhang sendiri tak bisa berbuat banyak untuk mendonorkan sumsum tulang belakangnya kepada putranya itu. 

Biayanya mencapai 72 ribu poundsterling, jauh diatas penghasilannya. Dia sendiri pernah memutuskan berhenti mengajar untuk mengurus buah hatinya tersebut. Namun kebutuhan biaya yang besar memaksanya harus kembali mengajar dengan membawa serta anaknya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.