Berita Nasional Terpercaya

Kisah Yang Menghebohkan Dunia Kesehatan, Tentang Seorang Dokter Yang Mengoperasi Dirinya Sendiri

0

RUSIA, HarianBernas.com— Pernah mendengar ada dokter yang mengoperasi dirinya sendiri?
Adalah seorang bernama Leonid Ivanovich Rogozov. Pemuda kelahiran 14 Maret 1934 asal Moscow, Rusia ini terpaksa melakukan operasi usus buntu sendiri dengan peralatan seadanya ketika dia sedang dalam ekspedisi Antartika bersama para penjelajah Rusia pada tahun 1960.

Baca juga: Sikap Terpuji Nabi Idris, Sosok yang Cerdas dan Kreatif pada Zamannya

Dokter bedah ini masuk ke dalam rombongan penjelajah yang bertujuan membangun stasiun rusia di Antartika. Mereka ada di sana untuk waktu yang cukup lama dan baru akan kembali setahun setelah mereka mendarat. Tak ada seorang pun yang akan menyangka jika satu-satunya dokter di dalam rombongan ini mengalami penyakit usus buntu. Ia mengalami nyeri yang sangat dalam di bagian tubuhnya.  

Lalu, apa yang dilakukannya? 

Awalnya dr. Leonid tidak ingin menceritakan rasa sakit yang dialaminya. Ia tak ingin membuat takut anggota rombongan lainnya. Namun kondisi yang terus memburuk, memaksanya untuk melakukan operasi usus buntu. Sebelum melakukan operasi, dia menginstruksikan teman-temannya untuk membantunya membius, menjaga posisi lampu dan cermin, serta membersihkan tangan dengan antiseptik agar dia bisa melihat bagian perutnya. Dr. Leonid mulai mengoperasi tubuhnya sendiri. Pada saat operasi berlangsung dia sempat mengalami vertigo dan menghentikan operasi sementara hingga pusingnya menghilang.

Berikutnya, operasi mulai dilanjutkan kembali sampai dia berhasil menjahit kembali perutnya. Operasinya berhasil, begitu pula masa pemulihan sang dokter. Dua minggu usai operasi, sang dokter sudah dapat melakukan aktifitas normal. Setahun kemudian, dia kembali menuju Rusia dan bekerja di klinik sampai akhir hayatnya.

Cerita ini sempat heboh dan namanya menjadi populer. Tetapi sang dokter tetaplah memiliki sikap rendah hati dan mengaggap operasi ini sama dengan operasi usus buntu yang lain.

Baca juga: Inilah 99 Asmaul Husna Beserta Artinya Bahasa Indonesia Lengkap

Leave A Reply

Your email address will not be published.