Berita Nasional Terpercaya

Anak Kecil Ini Memilih Berdagang Sesuatu Yang Unik Untuk Menyambung Hidup

0

JAKARTA, HarianBernas.com— Di umurnya yang belia yaitu 11 tahun, bocah berbadan ceking itu menelusuri kerasnya kehidupan jalan di Ibu Kota Jakarta sembari menjajakan batu cobek dagangannya. Tubuh bocah bersenyum ramah itu jelas oleng ketika memanggul beban cobek seberat 30 kg dagangannya. Bagaimana bocah ini melakukannya?

Namanya Kiki, ia tinggal bersama tiga saudaranya di Lebak Bulus. Mereka hidup mengandalkan jerih payah sendiri karena tidak memiliki orang tua. Tiap harinya, Kiki memanggul cobeksejauh 1 km dari rumahnya ke kawasan Pondok Indah dan Permata Hijau.

Tubuh ceking Kiki seakan ditelan oleh rumah-rumah mewah dan gedung bertingkat di Pondok Indah. Walau letih dan terkadang harus tidur di pinggir jalan, Kiki tak sedikitpun mengeluh apalagi menyerah berjualan demi menghidupi dirinya dan ketiga saudaranya. Menurut Kiki, ia kesulitan menjual alat ulekan batu tradisional tersebut di kota modern seperti Jakarta.

Walau demikian, Kiki tetap meyakini bila rezeki telah diatur Tuhan. Untuk cobek terkecil, Kiki menjualnya Rp 35 ribu, dan yang paling besar Rp 75 ribu. Sebagian pelanggan yang merasa kasihan tidak jarang memberi Kiki nasi bungkus. Sebelum berjualan cobek, Kiki pernah menuntut ilmu sampai Sekolah Dasar Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Ihsan Padalarang, Bandung.

Meski Kiki masih kecil, namun semangat dan kegigihannya sungguh layak untuk ditiru. Bagaimana dengan anda?

Leave A Reply

Your email address will not be published.