Berita Nasional Terpercaya

Hujan Turun Sejak Siang, Minggu Pagi Jakarta Siap-Siap Banjir

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Beberapa pintu air di Jakarta mengalami kenaikan akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (2/1). Hujan yang turun, berlangsung dari siang hingga sore hari.

Sejak pukul 17.00 WIB, ketinggian air di Bendung Katulampa mulai meninggi. Hal ini berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Awalnya, ketinggian muka air setinggi 50 cm dan ditetapkan siaga IV. Namun pada pukul 17.55, ketinggian mencapai 80 cm dan diganti menjadi siaga III.

“Diperkirakan sekitar sembilan jam kemudian air akan sampai pintu air Manggarai,” tulis tim Pusdalops BPBD DKI dalam pesan singkatnya, Sabtu (2/1) petang.

Delapan wilayah akan terkena banjir, yaitu Kalibata, Pengadegan, Rajawati, Kebon Baru, Gang Arus atau Cawang , Bukit Duri, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

Rupanya ketinggian air yang terus bertambah tidak hanya di Bendung Katulampa saja. Pintu Air Depok juga mengalami hal yang sama. Ditetapkan siaga III pada pukul 17.45 WIB. Selama 15 menit, air yang berada di Pintu Air Depok berhasil mengubah status. Pasalnya, pukul 17.30 WIB, ketinggian air setinggi 160 cm, namun pada pukul 17.45 WIB ketinggian air sudah mencapai 200 cm.

Pintu Air Karet juga mengalami hal serupa. Selama 35 menit, air yang berada di Pintu Air Karet berhasil mengubah status. Pukul 17.00 WIB, ketinggian mencapai 440 cm, namun pukul 17.35, ketinggian air sudah mencapai 480 cm.

Pintu Air Manggarai juga mengalami hal yang sama. Pukul 17.00 tinggi air mencapai 685 cm, satu jam kemudian, ketinggian air mencapai 770 cm.

Terdapat tambahan wilayah yang kemungkinan akan terkena dampak banjir, yaitu Kalipasir Kwitang atau Cikini, Jatipulo, Jatipinggir atau Petamburan, Matraman Dalem atau Kebon Manggis, Pejompongan atau Bendungan Hili dan Tomang Rawa Kepa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.