Berita Nasional Terpercaya

Bagaikan Tak Ada Perayaan Tahun Baru, Penyeberangan Tanjung Kemala Tetap Lengang

0

SURABAYA, HarianBernas.com – Sudah biasa bila disejumlah bandara, terminal dan stasiun ramai dengan orang yang akan pulang kampung. Namun, hal ini tidak berlaku di penyeberangan Ujung-Kamal Surabaya.

Bukannya tidak ada penumpang, namun jumlah penumpang sama seperti hari-hari biasa. Bahkan pada Kamis (31/12), tidak ada antrean yang panjang seperti di tempat lain pada umumnya.

Konon, pelabuhan ini pernah menjadi lintas penyebrangan se-Asia yang cukup padat. Namun sekarang, di pelabuhan ini tidak ada antrean panjang.

Posko Natal dan Tahun Baru tetap didirikan di sekitar dermaga meskipun tidak ada lonjakan penumpang.

“Tidak ada lonjakan, hampir sama seperti hari-hari biasa,” ujar Pudjo, yang merupakan salah satu petugas posko yang didirikan PT ASDP. 

Sebanyak 2.987 kendaraan roda dua menyebrang dari dermaga kamal di Bangkalan dan dari Dermaga Ujung di Surabaya pada Rabu (30/12). Jumlah ini lebih sedikit dibanding tahun lalu  yang mencapai 3.138 kendaraan. Sama halnya dengan kendaraan roda 4. Hingga Rabu (27/12), jumlah kendaraan roda 4 yang melintas sebanyak 515 buah. Padahal tahun lalu mencapai 590 buah.

Setelah dibangun Jembatan Tol Suramadu tahun 2006 lalu, penumpang penyebrangan Ujung-Kamal menurun drastis. Hal ini disebabkan, menyebrang di Suramadu lebih murah dan lebih singkat dalam hal waktu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.