Berita Nasional Terpercaya

Hindari Kemacetan ke Parangtritis, Wisatawan Harus Gunakan Jalur Alternatif

0

BANTUL,HarianBernas.com–Untuk menghindari kemacetan panjang, para wisatawan yang hendak menikmati liburan di obyek wisata pantai, termasuk Pantai Parangtritis Bantul, DIY, diminta menggunakan jalur alternatif. Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bantul AKP Supriyantoro di Bantul, Jumat (1/1), jalur-jalur alternatif menuju Pantai Parangtritis rata-rata sudah diketahui oleh wisatawan, sehingga mereka diminta untuk menggunakan jalur-jalur tersebut agar tidak terjebak kemacetan.

Pada libur Tahun Baru 2016 dan libur akhir pekan setelah Tahun Baru ini, menurut Supriyantoro, obyek wisata Pantai Parangtritis dipastikan akan dipadati ribuan wisatawan dari berbagai daerah, sepertin yang terjadi pada libur akhir 2015 hingga menjelang pergantian tahun. Kondisi ini mengakibatkan jalur utama menuju Pantai Parangtritis, yaitu Jalan Parangtritis, dipadati kendaraan wisatawan dari berbagai arah, sehingga berpotesi menimbulkan penumpukan kendaraan di persimpangan.

Karena itu, dia menghimbau wisatawan agar melewati jalur alternatif menuju pantai andalan di Kab Bantul itu guna mengurangi kepadatan kendaraan di jalur wisata utama, sehingga arus lalu lintas bisa berjalan lancar. Ia menyebutkan jalur-jalur alternatif bila dari timur melewati Jalan Imogiri Timur, sehingga ketika wisatawan sampai di simpang empat Terminal Giwangan Kota Yogyakarta langsung ke selatan sampai simpang Selopamioro Imogiri, Bantul.

Dan bagi wisatawan lokal oasti sudah tahu jalur aternatif ini, sehingga ketika hendak ke Parangtritis tidak perlu lewat Jalan Parangtritis, tapi lewat Jalan Imogiri Timur tembus selatan jembatan Kretek (Jalan Parangtritis). Dan di sejumlah titik jalur alternatif yang bisa menembus selatan jembatan Kretek beberapa kilometer dari tempat pemungutan retribusi (TPR) atau gerbang masuk pantai sudah dilengkapi sarana rambu-rambu penunjuk jalan.

Kemudian wisatawan yang datang dari barat (Purworejo) tidak perlu lewat Jalan Wates Sedayu, tapi bisa lewat jalur alternatif di selatan yaitu Srandakan sebelum masuk Jalan Parangtritis.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.