Berita Nasional Terpercaya

Rendahnya Pendidikan di Daereh, Mendorong Jurnalis Ini Untuk Menjadi Pegiat Pendidikan

0

HarianBernas.com – Jurnalistik melakukan aksi sosial pendidikan? Apa yang dapat dilakukan seorang jurnalistik untuk pendidikan?

Nursyida Syam merupakan sosok yang dikenal anak-anak di Dusun Tangga, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara, NTB. Ida sebelumnya berprofesi sebagai wartawati. Selama bertugas jurnalistik di wilayah Lombok, NTB, banyak permasalahan sosial dilihatnya. Dia menilai ini akibat dari rendahnya tingkat pendidikan. Ia kemudian terdorong untuk bertindak. Langkahnya dimulai dari kalangan perempuan. Melalui perempuan yang mendapat pendidikan, diharapkan dapat mandiri dan memberi dampak postif bagi lingkungannya. Dia kemudian membagi-bagikan buku baru kepada anak-anak. Ia dikenal sebagai pegiat pendidikan.

Dengan buku-buku yang telah ia bagikan, ia kemudian membentuk rumah baca. Dia mengajak semua yang aktif di klub baca untuk rajin membaca. Saat awal memulai, Ida menggunakan dana pribadinya. Kini ia mendapatkan dana dari simpatisan yang terketuk dengan kegiatan yang dilakukannya. Sejauh ini sudah ada 18 tempat baca atau klub baca yang tersebar di Kabupaten Lombok Utara. Di tempat pendidikan non-formal ini, anak-anak belajar banyak hal.

Mulai belajar bercocok tanam, tarian, hingga belajar permainan tradisional. Peserta yang ikut pun tidak dikenakan biaya. Usaha yang dijalankan tanpa bantuan dana pemerintah ini tetap berjalan meski sederhana. Nursyida berharap melalui edukasi ini, seseorang bisa saling memberikan manfaat dalam membangun kehidupan.

Terkadang kita terlalu sibuk dengan tugas-tugas yang kita hadapi, namun tidak bagi Nursyida. Ia berusaha untuk terbuka dan peka dengan lingkungan disekitarnya. Mulai sekarang disela kesibukan Anda, cobalah untuk melihat lingkungan sekitar Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.