Berita Nasional Terpercaya

Pariwisata Thailand Meningkat Pesat, MenPar: Penerbangan Langsung Kuncinya

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Pertumbuhan sektor pariwisata Thailand berkembang sangat pesat. Tahun 2015, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Thailand mencapai 30 juta orang. 8 juta orang diantaranya merupakan wisatawan asal China. Dengan jumlah wisatawan yang meningkat dibanding tahun 2014, Indonesia diharap untuk melirik dan belajar dari negeri tetangga itu.

“Turis China ke Thailand, sejak 2012 lebih cepat berkembang yakni 2,7 juta, 2014 sebanyak 4,6 juta, tahun 2015 menjadi 8 juta,” ujar Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Pariwisata di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada  Rabu (30/12).

Menurut Arief, salah satu kunci keberhasilan Thailand berhasil didatangi wisatawan asal China adalah penerbangan dari China ke Thailand secara langsung (tanpa transit)

Walaupun penerbangan dari China ke Indonesia juga langsung seperti ke Thailand, jumlah penerbangannya masih kalah jumlah. Penerbangan dari China ke Thailand, ada 25 kali penerbangan. Sedangkan dari China ke Indonesia hanya 9 kali penerbangan. Dari sisi banyaknya jumlah penerbangan, Indonesia sudah kalah jauh. Hal ini diungkapkan oleh Arief.

Saat ini terdapat lima kantor perwakilan yang dikenal dengan Tourism Authority of Thailand, yang memudahkan wisatawan mancanegara, berkunjung ke negeri Thailand. Banyaknya kantor perwakilan, juga mempengaruhi banyaknya wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke suatu negara. Dengan adanya kantor perwakilan, akan memudahkan promosi pariwisata.

Promosi Thailand, dilakukan dengan cara membuat film Hollywood berjudul Lost in Thailand Part II yang mendatangkan Rafael Nadal dan Novak Djokovic. Mereka adalah pemain tenis kelas dunia. Lebih menarik lagi, mereka mendatangkan Michelle Yim Wai-ling dan Simon Yam Tat-wah yang merupakan bintang film Hongkong. Film ini akan ditayangkan di tahun 2016 nanti.

Bandara U-Tapao dibuka sebagai bandara internasional untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah wisatawan di Bandara Suvarnabhumi dan Don Muang.

“Thailand juga memprogramkan pada tahun 2016 sebagai sport tourism destination,” tutup Arief.

Leave A Reply

Your email address will not be published.