Berita Nasional Terpercaya

Penanganan Alergi yang Keliru, Berpotensi Picu Depresi

0

HarianBernas.com – Memiliki alergi membuat kita merasa tidak nyaman karena alergi inilah yang sering membuat kita tidak leluasa melakukan sesuatu, tidak bisa berada pada tempat tertentu dan juga hal ini bisa membuat seseorang beresiko sakit-sakitan dan bahkan depresi.

Seperti yang dikemukakan oleh Dr Maya K Nanda dari Children's Mercy Hospital di Kansas, Missouri pada studi nya bahwa anak yang memiliki alergi itu lebih rentan depresi serta mengalami gangguan kecemasan ketika dewasanya kelak. Masalah kejiwaan ini akan semakin besar apabila semakin parah pula alerginya.

Menurut keterangannya dalam jurnal Pediatrics yang dikutip dari Reuters, Rabu (30/12/2015), rhinitis merupakan alergi yang kuat dimana alergi ini memiliki asosiasi yang kuat dengan kecemasan dan depresi dibandingkan dengan alergi pada umumnya.

Ciri alerginya adalah apabila anak anda mengalami bersin-bersin, mata merah, gatal serta ruam kemerahan pada kulit. Hal ini berdasarkan penelitian Dr. Maya kepada 546 anak dengan umur 1,2,3,4 dan 7 tahun.

Pada anak yang telah beumur 7 tahun akan diberikan 160 pertanyaan terkait dengan perilaku dan emosi anak mengenai seberapa sering anak mengalami rasa cemas, takut, sedih dan tegang selama ini.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa anak umur tahun yang sering mengalami ciri alergi yang telah disampaian diatas, maka pada umur 7 tahun akan memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang tinggi.

Walaupun demikian, studi ini tidak menjelaskan hubungan sebab-akibat antara alergi dan kondisi kesehatan mental sesorang. Namun, ada dua teori yang berkembang. Pertama, perubahan perilaku anak didapat karena merespon alergi yang di alaminya. Kedua, hal ini merupakan reaksi biologis dari antibodi yang kemudian mempengaruhi otak, khusunya bagian emosi.

Dengan hal seperti yang telah dikemukaan, maka disarankan tidak hanya kepada dokter anak namun juga kepada orang tua untuk lebih memperhatikan perubahan perilaku mereka yang adalah merupakan kesehatan mental mereka. Jika memang kesehatan mental mereka membutuhkan penanganan segera, maka segeralah mencari pertolongan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.