Berita Nasional Terpercaya

Kuro Tamago, si Mistis Pemanjang Usia

0

JEPANG, HarianBernas.com – Di daerah dekat Gunung Fuji memiliki makanan unik yaitu kuro tamago atau telur hitam.

Biasanya kulit telur berwarna coklat atau putih, namun telur yang satu ini memiliki kulit telur berwarna hitam. Kuro tamago sangat terkenal di Hakone, Jepang. Banyak toko-toko yang menjual telur tersebut di penjuru kota.

Mengapa kulit telur tersebut dapat berwarna hitam? Ya, sebernarnya kuro tamago merupakan telur ayam biasa, perebusan di kolam air panas kaya sulfur yang menyebabkan warna kulit telurnya menjadi hitam.

Kandungan sulfur atau belerang dalam air panas tersebut bereaksi dengan kulit telur, sehingga warna kulitnya menghitam dan membuat telur tersebut memiliki sedikit rasa dan aroma belerang.

Telur-telur tersebut diletakkan di dalam wadah logam besar kemudian dimasukkan selama satu jam ke dalam kolam air panas yang terletak di Owakudani, dekat Hakone. Owakudani yang dikenal sebagai 'Great Boiling Valley', merupakan kaldera vulkanik besar yang terbentuk 3.000 tahun lalu ketika Gunung Hakone meletus. Suhu air tersebut mencapai 80 derajat Celcius.

Ledakan yang begitu kuat membuat daerah ini masih aktif dengan kolam berisi didihan air yang mengeluarkan uap dan asap vulkanik dari sulfur dioksida serta hidrogen sulfida. 

Setelah melalui proses perebusan, telur lalu dikukus dengan suhu 100 derajat Celcius selama 15 menit. Pengukusan tersebut akan menghasilkan warna kulit telur yang sepenuhnya hitam, namun bagian dalamnya masih tetap putih dan kuning seperti telur biasa.

Pengunjung dapat menikmati satu kantung telur yang berisi lima butir telur dengan harga 500 yen atau setara dengan Rp 57.000. Terdapat meja kayu panjang di dekat kolam sumber air panas tersebut yang biasa digunakan para pengunjung untuk menyantap kuro tamago sambil menikmati pemandangan Gunung Fuji yang sangat indah.

Tiap tahunnya banyak orang mengunjungi Owakudani demi mencari telur hitam yang terkesan mistik tersebut. Legenda menyebut bahwa memakan sebutir kuro tamago dari sumber air panas Owakudani dapat memperpanjang usia sebanyak 5 sampai 7 tahun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.