Berita Nasional Terpercaya

Ramah Lingkungan, Perhutani Siap Bangun PLT dari Sampah Sagu di Papua

0

PAPUA, HarianBernas.com – Kerja sama dilakukan oleh Perum Perhutani dengan PT Energy Management Indonesia (Persero) dalam rangka pembangunan pembangkit tenaga biomassa di distrik Kais, Papua.

Sumber energinya berasal dari hasil pengolahan sagu milik perhutani.

Pembangkit listrik ini nantinya akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan pabrik Perhutani. Pembangkit listrik ini akan memiliki kapasitas sebesar 3 megawatt. Hal ini diungkapkan oleh Aris Yunanto selaku Direktur Utama PT Energy Management Indonesia.

Sisanya, akan dibagikan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sorong Selatan dan pada masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai wujud sinergi BUMN untuk negeri, selain sebagai bentuk kepedulian Perhutani dan EMI kepada masyarakat dan kelestarian alam di Sorong Selatan,” ujar Aris saat ditemui wartawan pada Jumat (1/1).

Diharapkan kurang dari setahun, pembangunan dan operasi Pembangkit Listrik Biomassa sudah selesai.

Dibandingkan pembangkit listrik tenaga fosil (batu bara dan minyak solar), pembangkit listrik tenaga biomassa memiliki kadar pencemaran lingkungan yang rendah.

Di distrik Kais, memiliki tiga potensi pembangkit listrik yang bisa dibangun disana, yaitu pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga pasang surut dan gelombang laut, dan pembangkit listrik biomassa.

Walaupun terdapat tiga pilihan pembangkit listrik, yang paling cocok menjadi sumber daya listrik di sekitar pabrik perhutani adalah pembangkit listrik biomassa.

Masyarakat yang masih sedikit dan terpencar-pencar membuat pembangkit listrik biomassa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebab, diperlukan pembangkit listrik berskala kecil agar efisien.

“Secara ekonomi, nilai keekonomisan listrik yang dihasilkan oleh PLT Biomassa di Papua berdasarkan Peraturan Menteri ESDM memiliki nilai jual Rp 2,450 per KwH, lebih murah 50 persen dari harga beli listrik PLT Diesel atau solar yang dapat mencapai Rp 5.000 per KwH,” ujar Aris

Leave A Reply

Your email address will not be published.