Berita Nasional Terpercaya

Dinobatkan WHO Sebagai Kota dengan Udara Terkotor, Januari 2016: New Delhi Atur Lalu Lintas dengan Plat Ganjil-Genap

0

INDIA, HarianBernas.com – Mulai 1 Januari 2016, India mulai bereksperimen pengaturan plat nomor genap ganjil. Eksperimen ini dilakukan di ibu kota India tepatnya di New Delhi.

Kepedulian terhadap lingkungan hidup merupakan salah satu faktor pelaksanaan eksperimen ini. Tidak hanya itu, diharapkan dengan adanya aturan ini, arus kendaraan bisa terkendali, sehingga tidak terlalu padat.

Eksperimen ini membuat mobil yang memiliki plat genap boleh digunakan hanya pada tanggal genap saja. Sama halnya dengan mobil yang memiliki plat ganjil yang hanya boleh hanya pada tanggal ganjil saja.

Eksperimen ini hanya berlaku selama dua minggu saja. Tepatnya akan berakhir pada 15 Januari 2016 mendatang. Pada Jumat (1/1) para pengendara sepertinya mematuhi peraturan baru ini.

Namun, ada yang mengatakan sebab sebagian pekerja libur akibat tahun baru. Sehingga masih belum bisa dipastikan apakah peraturan ini akan berjalan dengan lancar atau tidak.

“Gagasan ini hanya akan berhasil sesudah menjadi gerakan yang sangat besar, ketika orang ingin mematuhinya dari dalam hati mereka,” ujar Arvind Kejriwal selaku Gubernur New Delhi.

Demi kelancaran peraturan baru ini, ia juga akan naik mobil bersama-sama dengan para menteri untuk mengurangi jumlah kendaraan.

Untuk supir wanita dan mereka yang mengendarai motor, terbebas dari peraturan baru ini.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa New Delhi adalah kota yang udaranya paling kotor, sebab banyak kendaraan yang memacetkan jalanan kota. Hal ini diungkapkan pada tahun 2014 lalu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.