Berita Nasional Terpercaya

Belajar Desain Secara Otodidak, Ia Merintis Kampung Grafis dengan Mendirikan Salaman Desain Community

0

Jawa Tengah, HarianBernas.com – Apa yang Anda lakukan ketika mendapatkan hadiah? Bersenang-senang dengan hadiah yang Anda peroleh? Atau membagikannya dengan sesama?

Elin Najar Arifin terpilih sebagai pemenang Liputan 6 Awards SCTV 2015 dalam kategori pemberdayaan ekonomi. Apa yang dia lakukan sehingga menang dalam kategori tersebut? Dari kemenangan yang pernah ia peroleh dari lomba grafis, Elin mengajak warga di kampungnya untuk mencoba mengikuti lomba tersebut. Ia mengajari cara membuat desain.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Cerita ini berawal ketika Elin kuliah manajemen di sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Namun tidak selesai. Dia kemudian belajar desain secara otodidak. Ketertarikan dalam bidang desain ini membuatnya mengikuti lomba desain logo yang ditawarkan melalui internet. Setelah mencoba hingga 105 kali, ia akhirnya berhasil menjadi pemenang dan mendapat hadiah US$ 245.

Setelah mendapat hadiah dari lomba desain, Elin melihat ada peluang usaha dari keterampilan membuat desain. Dia melihat warga di daerahnya berpenghasilan rendah atau banyak yang tidak bekerja. Dia pun berbagi pengalaman dengan teman-teman di desanya. Kepada mereka, dijelaskan mengenai peluang usaha dari lomba desain grafis melalui internet. Sejumlah warga desa belajar grafis dan mengikuti lomba.

Baca juga: Inilah 10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Berbagai Profesi

Setelah melalui sejumlah lomba, ada warga yang berhasil menang dan mendapat hadiah. Akhirnya, informasi ini menyebar dengan cepat. Warga dari berbagai kalangan usia dan latar belakang kemudian belajar desain dan mengikuti jejaknya mengikuti lomba desain.

Elin kemudian membentuk komunitas desain yang bernama Salaman Desain Community yang beranggotakan 150 orang. Kini banyak warga di Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah, yang mendapat penghasilan ratusan hingga ribuan dolar per bulan dari desain grafis yang dipesan klien di mancanegara.

Terkadang saat kita berhasil kita lupa bahwa ada ribuan orang yang ingin berhasil seperti kita. Dengan keberhasilan yang kita peroleh, kita dapat berbagi supaya orang lain juga dapat merasakan keberhasilan pula.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

Leave A Reply

Your email address will not be published.