Berita Nasional Terpercaya

Cara Ampuh Usir Komedo Secara Alami

0

HarianBernas.com ? Komedo, si bintik yang biasanya muncul di hidung ini membuat kita tidak percaya diri. Wajah mulus menjadi sirna karena ada titik-titik yang  berwarna hitam atau putih menempel di hidung kita.

Komedo ada 2 jenis, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam atau blackhead merupakan jenis komedo yang kelihatan seperti pori wajah yang membesar serta hitam. Sedangkan komedo putih atau whitehead adalah komedo yang tampak berwarna putih atau kuning. Komedo jenis ini muncul karena minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit yang mengeras.

Sebenarnya ada beberapa cara mudah mengusir komedo secara natural atau alami, yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Cara-cara ini terbukti efektif agar komedo pergi dari wajah kita. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Telur

Putih telur sudah terkenal sejak lama digunakan sebagai pembersih wajah. Hal ini dikarenakan putih telur dapat mengangkat minyak yang ada di wajah. Cara menggunkan putih telur ini adalah dengan mengoleskan putih telur ke seluruh wajah atau di daerah yang berkomedo saja. Setelah itu, diamkan selama 10-15 menit atau tunggu sampai putih telur mengering di wajah kita. Lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

2. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini mempunyai banyak manfaat, selain dikenal sebagai penyubur rambut. Lidah buaya bisa juga digunakan sebagai pengusir komedo. Caranya, dengan mengoleskan gel lidah buaya pada daerah wajah yang berkomedo. Diamkan selama 10-15 menit, setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

3. Madu dan Lemon

Si manis dan si asam ini jika digabungkan dapat menjadi cara yang ampuh untuk mengusir komedo yang efektif. Caranya, iris buah lemon menjadi 2 bagian. Lalu berikan beberapa tetes madu pada permukaan lemon yang sudah kita iris tadi. Setelah itu, gosoklah bagian wajah kita yang berkomedo dengan irisan lemon yang sudah diberi madu. Diamkan wajah lebih kurang 5-7 menit, lalu bersihkan dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali menutup.

Dari beberapa cara sederhana ini, komedo dapat kita usir dengan mudahnya. Kulit wajah pun kembali bersih dan bebas dari bintik-bintik kecil yang menyebalkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.