Berita Nasional Terpercaya

Anak Anda Susah Diatur? Mungkin Ini Penyebabnya

0

HarianBernas.com – Semua orang tua pasti ingin anak-anaknya sesuai dengan harapan mereka. Orang tua mana yang tidak ingin anaknya pintar, sehat dan memiliki sosial yang baik?

Berbagai cara dilakukan orang tua untuk mendidik anak-anaknya menjadi seperti yang diinginkan. Seperti menyekolahkan mereka disekolah yang terbaik, memasukkan anak diberbagai bimbingan belajar, mengikutkan program ekstrakurikuler, dan memberikan kehidupan yang nyaman.

Tak lupa pula, berbagai aturan diterapkan oleh orang tua. Nahh, untuk yang satu ini, sebaiknya berhati-hati. Mengapa?

Sebab, anak-anak yang terlalu diatur dan dikekang oleh orang tuanya sejak kecil, membuatnya menjadi tumbuh sebagai pribadi yang tidak sopan dan minim empati.

Sebanyak 180 mahasiswa dijadikan responden berdasarkan level keringat dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dari mereka akan terpancing untuk marah dan meluapkannya ketika berkeringat banyak. Penelitian ini diketuai oleh Jamie Abaied, dari University of Vermont.

Ia pun memberikan kuesioner tentang pengaruh orang tua terhadap kehidupan sehari-hari. Hasil membuktikan bahwa mahasiswa yang berkeringat memiliki orang tua yang selalu mengkontrol mereka dalam berbagai aspek kehidupan. Sedangkan mereka yang sedikit berkeringat, memiliki orang tua yang selalu melibatkan pribadi mereka dalam mengambil keputusan untuk kehidupannya.

“Kita harus lebih bijak terhadap jenis pola asuh yang memengaruhi anak,” saran Abeid..

“Pola asuh yang baik melindungi anak dari perilaku agresif terhadap lingkungan sekitar dan mereka memahami etika bersosialisasi,” terangnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.