Berita Nasional Terpercaya

Selalu Tergenang Saat Hujan, Jalur Protokol Banjarmasin Akan Ditinggikan

0

BANJARMASIN, HarianBernas.com – Proyek pembangunan jembatan, akan dilaksanakan di daerah jalan protokol Jendral Sudirman. Akibatnya, mulai minggu depan, jalan ini akan ditutup. Jembatan yang dibangun adalah metode file slab.

“Mungkin Senin depan kita mulai coba menutup jalan Jendral Sudirman lajur samping sungai, karena akan di mulai proyek pembangunan jalan jembatan ala Tumbang Nusa Kalteng,” ujar Gusti Ridwan Sofyan, selaku Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin, beberapa waktu silam.

Petugas Dinas Perhubungan dan pihaj kepolisian akan membantu untuk rekayasa arus lalulintas. Direncanakan, pada akhir tahun 2016 nanti, proyek ini akan selesai dibangun.

“Kita harap nantinya arus lalulintas di sana akan tetap lancar, meski ada proyek tersebut,” tuturnya.

Sering terjadi genangan ketika hujan, merupakan alasan dilakukannya peninggian jalan protokol milik provinsi ini. Jalan protokol akan ditinggikan dari depan jembataan Sungai Tatas, hingga Jembatan Merdeka.

“Panjang jalan jembatan yang akan dibangun sekitar 354 meter, dan lebar 8,8 meter dengan ketinggian dari jalan semula sekitar 80 cm sampai 20 cm,” jelasnya.

Sebanyak Rp25 miliar lebih, akan digunakan untuk pembangunan jalan sistem file slab ini.

“Anggaran dana yang digunakan untuk proyek ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat, jadi tidak menggunakan APBD kota,” ujar Ridwan.

Jalan yang terletak di samping siring Sungai Martapura ini, memang harus dilakukan pembangunan dengan metode ini. Sebab, sudah beberapa kali dinaikkan dengan pengaspalan, tetap saja mengalani penurunan. Hal ini membuat genangan yang terjadi cukup dalam.

“Hanya sebelah jalan itu saja yang bermasalah, yang bagian sebelahnya tidak dilakukan perbaikan, nanti tidak ada lagi belokan kendaraan, hanya ada tangga penyebrangan pejalan kaki,” terang Ridwan.

Pemerintah Provinsi sudah merestui perbaikan jalan Sudirman ini.

“Pemerintah provinsi menyerahkan kepada kita (Pemkot) untuk perbaikan jalan Sudirman ini, karena sudah bersifat mendesak,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.