Berita Nasional Terpercaya

Sebuah Percobaan Membuktikan Seekor Gajah Bisa Pulang ke Kampung Halamannya

0

Nairobi, HarianBernas.com – Ratusan kilometer berhasil ditempuh oleh gajah ini untuk pulang ke Somalia. Kejadian ini adalah pertama kalinya ada seekor gajah yang pulang ke Somalia selama 20 tahun terakhir.

Gajah ini bernama Morgan dan sudah berusia 30 tahun. Pada Desember 2015 Morgan dipasangi alat pelacak di Kenya. Pada pertengahan Februari 2016 lalu, ia terdeteksi sedang berjalan ke utara menuju Somalia 

Tiga minggu setelahnya, ia berhasil sampai di perbatasan Somalia. Kehadirannya ini tentu membuat para ahli konservasi kagum. Sebab, seekor gajah berhasil mengingat jalan pulang ke kampung halamannya.

“Dia seperti memiliki gambaran tentang ke mana dia harus pergi,” ujar ahli konservasi Save the Elephants, Iain Douglas-Hamilton yang sudah memasang pelacak di ratusan gajah Afrika.

Dari perjalanan yang dilakukan oleh seekor gajah ini, menunjukkan bahwa perbatasan Kenya-Somalia sudah tidak begitu berbahaya. Pada malam pertamanya, Morgan berjalan sejauh 20 km dari Tana River, Kenya.

Ia sempat beristirahat sejenak di hutan dan kembali melanjutkan perjalanannya. Pola ini dilakukannya selama 18 hari ke depan.

“Morgan mengadopsi strategi bertahan hidup dengan pola ekstrim untuk berpindah dari satu daerah berbahaya ke daerah lainnya,” kata seorang yang lain.

Gajah-gajah di Afrika terancam hidupnya akibat perburuan untuk mendapatkan gading yang indah. Pada tahun 2015 setidaknya ada lebih dari 20.000 gajah terbunuh.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.