Berita Nasional Terpercaya

Diguncang Gempabumi, Warga Padang Panik dan Berhamburan Mencari Lokasi Paling Tinggi

0

PADANG,HarianBernas.com–Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter (SR) yang melanda Sumatera Barat, Rabu (2/3) pukul 19.49 membuat warga setempat panik. Bahkan, ribuan warga Kota Padang, Sumatera Barat, lari berhamburan mencari lokasi yang lebih tinggi untuk mengantisipasi adanya tsunami pascagempa yang mengguncang Padang.

Fathul Abdi, salah seorang warga Padang, menyebutkan jalan di daerah Sawahan menuju By Pass dipadati ribuan warga yang berjalan ke arah By Pass di daerah Ketaping pascagempa. Gempa yang berpusat di 5,16 Lintang Selatan 94,05 Bujur Timur atau 682 kilometer barat daya Kepulauan Mentawai itu disebut-sebut berpotensi terjadinya tsunami. Warga pun panik.

“Selain menggunakan sepeda motor, mobil, ada juga warga yang berjalan kaki, sehingga dari Sawahan menuju By Pass sudah padat,” kata Fathul Abdi.

Menurut Fathul Andi, sejumlah warga terlihat membawa tas berisi pakaian. Selain di daerah Sawahan, kepadatan juga terlihat di daerah Pasar Alai menuju daerah Simpang Durian Taruang, yang merupakan jalur evakuasi tsunami. “Beberapa mahasiswa dan teman-teman saya, ada yang mengungsi di Kampus Unand daerah Limau Manis,” kata Fathul Abdi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk daerah Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Bengkulu dan Lampung pascagempa yang menguncang Padang dengan kekuatan 7,8 Skala Richter pada pukul 19.49 WIB.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.