Berita Nasional Terpercaya

Para Pengusaha Komentari Kunjungan Presiden ke Danau Toba

0

MEDAN,HarianBernas.com —Pada Rabu (2/3) kemarin, Presiden Jokowi meninjau langsung Danau Toba, Sumatera Utara. Kunjungan ini pun mendapat tanggapan dari berbagai pihak, termasuk para pengusaha setempat. Menurut para pengusaha, kunjungan Presiden ke Danau Toba layak diapresiasi. Mengapa? Karena menurut mereka, kunjungan inin menunjukkan niat yang sangat kuat dari Presiden untuk mengembangkan potensi wisata andalan Sumatera Utara itu.

Salah seorang pengusaha di Sumut Benny Basri, Rabu (2/3) mengaku sangat yakin dengan pengembangan Danau Toba dengan kehadiran langsung Presiden Jokowi. Ia pun berharapa instansi yang berwenang dalam pembangunan infrastruktur agar segera membangun dan membenahi infrastruktur menuju dan yang ada di kawasan Danau Toba.

Benny Basri memberi contoh pengembangan infrastruktur listrik, air dan jalan yang dibutuhkan masyarakat dalam menikmati kepariwisataan di Danau Toba. Selain itu, dalam mendukung pengembangan potensi Danau Toba, pemerintah daerah diharapkan dapat menciptakan birokrasi yang mendukung investasi dan mampu menciptakan situasi keamanan yang baik.

Dikatakan Benny Basri, Danau Toba sudah lama 'tertidur'. Karena itu, ia yakin dengan kedatangan Presiden Jokowi akan membangunkan Dana Toba dari tidur panjang selama ini.

Setelah bertemu langsung Presiden Jokowi, pengusaha yang bergerak di bidang properti itu mengaku kagum dengan komitmen dan keseriusan pemerintah dalam membangun dan mengembangkan kawasan Danau Toba. Apalagi pada kesempatan itu, Presiden berjanji akan mengucurkan dana hingga triliunan rupiah per tahun untuk mengembangkan Danau Toba. Bahkan anggaran akan bertambah setiap tahun.

Dengan keberadaan dana desa yang dikucurkan untuk membangun infrastruktur pedesaan di tujuh kabupaten di kawasan Danau Toba, pembangunan Danau Toba akan berjalan lancar. Benny Basri pun berharap agar pengusaha lokal bisa berperan dalam pembangunan kawasan Danau Toba. “Pengusaha lokal swasta di Sumut siap terlibat langsung dalam pengembangan Danau Toba,” kata Benny Basri.

Anggota DPRD Sumut Brilian Moktar mengaku akan mengusulkan kepada pimpian DPRD Sumut untuk membentuk tim khusus dalam memantau pembangunan Danau Toba tersebut. Sebab berbagai dampak dari pengembangan Danau Toba akan terlihat jelas, seperti adanya pelebaran jalan ke rumah penduduk, pembangunan hotel yang mungkin memasuki lahan penduduk dan sejumlah masalah lainnya.

Untuk itu, diperlukan peran pemerintah daerah, termasuk dalam mencari solusi atas kemungkinan yang akan muncul di emudian hari. Politisi PDI Perjuangan ini mengharapkan agar pengusaha lokal ikut berperan dalam pengembangan Danau Toba yang akan dijadikan salah satu destinasi wisata nasional.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.