Berita Nasional Terpercaya

Wayang Batik Karanganyar Tembus Hingga Pasar Luar Negeri

0

SOLO, HarianBernas.com ? Produk kerajinan wayang batik di Kabupaten Karanganyar dengan bahan baku kayu menarik minat konsumen dari luar negeri. Kerajinan wayang batik ini diekspor ke Jepang dan Amerika Serikat melalui pihak ketiga di Bali.

“Saya beberapa bulan lalu pernah mendapat pesanan dari eksportir Bali sebanyak 300 wayang batik, yang katanya mau diekspor ke Amerika Serikat,” ungkap perajin wayang batik, Arif Rahwidi di rumahnya Desa Benowo RT 04/RW08 Kelurahan Ngringo, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (25/5/16).

Arif menjelaskan pasar di dalam negeri adalahYogyakarta, Surabaya, Bali, Bandung, Jakarta. Menurutnya, bahan baku yang digunakan pun tidak ada masalah. Setiap bulan ia mampu menghasilkan 500 buah wayang batik yang dikerjakan oleh enam orang.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi sesuai dengan ukurannya. Ia mematok harga mulai Rp 35.000 hingga Rp 50.000 per buahnya.

Ia mengungkapkan untuk ekspor produk kerajinan wayang batik selama ini masih lewat pihak ketiga. Alasannya karena keterbatasan dana. Permintaan wayang batik datang dari para eksportir asal Bali. Wayang yang banyak disenangi oleh para konsumen, yakni tokoh punakawan dan pandawa lima.

Leave A Reply

Your email address will not be published.