Berita Nasional Terpercaya

Jangan Remehkan, Ini 3 Manfaat Utama Akuntansi bagi Pebisnis

0

HarianBernas.com – Banyak pebisnis, terutama pemula meremehkan peranan akuntansi dalam bisnis mereka. Padahal Akuntansi sangat penting sebagai sumber informasi sekaligus membangun disiplin seorang pebisnis. Apakah bisnis itu dirancang menjadi bisnis besar skala korporasi ataupun bisnis skala UKM yang dikendalikan dari sebuah kamar kost, akuntansi seharusnya menjadi menu penting yang tidak boleh diabaikan oleh pebisnis. 

Akuntansi adalah sebuah alat yang merupakan standar utama dalam menilai, menjaga, dan meningkatkan kesehatan sebuah bisnis. Akuntansi adalah sebuah proses yang memastikan semua transaksi bisnis dicatat, dikelompokkan, diikhtisarkan, dan disajikan menjadi laporan tersistem yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan oleh para pebisnis. 

Inilah 3 manfaat utama Akuntansi bagi pebisnis, yang merupakan alasan utama, akuntansi sangat penting yang ingin bisnisnya bertahan lama bahkan tumbuh besar. 

1. Mengetahui Laba Rugi Usaha Secara Akurat

Dengan akuntansi, kita bisa menghitung laba usaha dengan menyertakan semua komponen biaya. Berbeda dengan perhitungan kasar yang sering dilakukan pebisnis pemula tanpa akuntansi, sistem ini mewajibkan pelaporan dengan memperhatikan semua komponen biaya. Sehingga resiko kesalahan perhitungan dan pengakuan laba berlebih bisa dihindari.

Dengan akuntansi, perhitungan laba rugi bisa dihitung secara akurat karena semua komponen produksi telah disertakan dengan metode standar. 

2. Mengetahui Komposisi Aset

Mengetahui komposisi aset secara akurat adalah hal penting dalam mengambil keputusan. Mengetahui apakah aset berasal dari modal atau hutang, adalah hal penting. Jika aset kebanyakan bersumber dari hutang, bisa jadi bisnis menjadi kurang bahkan tidak sehat. Begitu juga jika bisnis tanpa hutang, bisa jadi bisnis kehilangan momentumnya untuk bertumbuh, karena terlalu konservatif. 

Saya Pribadi, Putu Putrayasa, sangat terbantu oleh angka-angka dalam laporan akuntansi untuk mengambil keputusan penting dalam bisnis. Seperti halnya para pengusaha lainnya. 

3. Proyeksi Cash Flow

Salah satu alat penting dalam akuntansi adalah proyeksi Cash Flow. Proyeksi Cash Flow dalam rencana bisnis, sangat membantu dalam pengambilan keputusan apakah sebuah bisnis layak untuk dikerjakan atau tidak. Umumnya, sebuah bisnis dibangun dan diawali dengan cash flow negatif, artinya cash out lebih besar daripada cash in. 

Nah, cash flow projection atau Proyeksi Cash Flow membantu meramalkan, kapan saatnya cash flow akan berbalik menjadi positif dan apakah modal yang tersedia mampu membiayai kebutuhan biaya saat cashflow masih negatif. 

Alat-alat akuntansi, berupa Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi, dan proyeksi cash flow ini sangat bermanfaat bagi saya dalam membangun Hebat Group Asia, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah menggunakannya untuk membangun Bisnis Anda? 

Sudah Anda gunakan atau belum, kita gunakan lebih intensif ke depannya yukkk…. 

Salam Hebat
Putu Putrayasa 
CEO of Hebat Group Asia
www.putu.harianbernas.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.