Berita Nasional Terpercaya

9 Produk Makanan Ringan Ini Ternyata Buatan Indonesia

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

HarianBernas.com – Ada beranekaragam produk makanan ringan yang diproduksi di Indonesia. Sebut saja salah satu contohnya Indomie. Mi instan buatan PT Indofood ini terkenal di berbagai belahan dunia dan menjadi makanan favorit berbagai negara.

Ternyata tidak hanya Indomie yang terkenal, beberapa produk makanan ini bahkan sering dikira buatan luar karena memakai bahasa asing, walaupun sebenarnya asli Indonesia.

Dan hebatnya produk-produk itu sudah banyak yang diekspor ke luar negeri. Apa saja produk tersebut?

1. Hoka-Hoka Bento

Restoran fast food yang lebih kerap disebut Hokben ini merupakan perusahaan asli Indonesia. Meski memakai nama berbahasa Jepang yakni bento, tapi tetap saja untuk pengelolaan bahan dan kokinya semua asli Indonesia. Hokben adalah milik perusahaan PT Eka Bogainti pada tahun 1985.

2. Aqua

Tirto Utomo pendiri Aqua sempat meragukan usul rekannya yang menggunakan kata Aqua karena terdengar sangat asing dan tidak lekat di telinga Indonesia. Walaupun begitu Tirto tetap menggunakan nama Aqua dan mendirikan pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi pada tahun 1973 dan dengan pabrik kedua di Pandaan, Jawa Timur pada 1984.

Sayang karena krisis yang menimpa Indonesia pada tahun 1998 Lisa Utomo, istri Tirto menyetujui ide akuisisi Aqua oleh perusahaan asal Prancis, Danone.

3. Mister Burger

Mister Burger pertama didirikan pada tahun 1995 di kota Yogyakarta dan terus berkembang menjadi puluhan outlet di berbagai kota di Indonesia.

4. J.CO

Pertama didirikan oleh Johnny Andrean di Lippo Karawaci, Jakarta pada tahun 2005. Kini J.CO terus berkembang dan berhasil membuka cabangnya hingga ke Malaysia dan Singapura.

5. Silver Queen

Pabrik pertama Silver Queen bukan di Jakarta, tetapi di Garut dan kemudian sekarang berada di Bandung.Anda tentu tidak menyangka jika Silverqueen ini sudah berdiri sejak tahun 1956.

6. La Fonte

Mungkin Anda pernah berpikir La Fonte adalah produk buatan luar atau Italia. La Fonte adalah asli Indonesia, tepatnya di bawah PT Bogasari. La Fonte ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja tetapi juga sudah diekspor ke berbagai negara seperti Filipina, Korea, Hongkong, Thailand dan Malaysia.

7. Chocolatos

Chocolatos adalah asli buatan Indonesia, tepatnya berada di bawah perusahaan PT Garuda Food yang berlokasi di Pati, Jawa Tengah.

8. Chiki, Chitato dan Cheetos

Sebenarnya makanan tersebut asli buatan Indonesia. Snack di atas adalah salah satu produk andalan PT Indofood Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1968.

9. Richeese

Banyak orang yang sebelumnya mengira Richeese adalah produk luar, meskipun sebenarnya Richeese itu asli Indonesia. Richesee merupakan produk andalan dari PT Kaldu Sari Nabati Indonesia yang didirikan di Bandung pada tahun 2002.

Leave A Reply

Your email address will not be published.