Berita Nasional Terpercaya

Kelurahan Rejowinangun, Kota Yogyakarta, Raih Predikat Kelurahan Terbaik di Jawa-Bali

0

YOGYAKARTA, HarianBernas.com – Dalam lomba Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional, Kelurahan Rejowinangun, Kota Yogyakarta, meraih salah satu predikat  sebagai kelurahan terbaik di Jawa-Bali berdasarkan hasil penilaian tim Kementerian Dalam Negeri,Jumat (22/7).

“Ada berbagai inovasi Kelurahan Rejowinangun sejak 2010 untuk mendukung pengembangan potensi di kelurahan,” terang Lurah Rejowinangun Ratnaningtyas, di Yogyakarta.

Inovasi yang menjadi unggulan Kelurahan Rejowinangun dalam penilaian adalah memiliki “cluster system”, yaitu membagi wilayah kelurahan menjadi lima “cluster” sesuai potensinya. Lima cluster Kelurahan Rejowinangun, yaitu “cluster” budaya, kerajinan, herbal, agro, dan kuliner.

Sistem cluster ini mampu mengembangkan potensi dan menumbuhkan ekonomi masyarakat. Selain itu, Kelurahan Rejowinangun mempunyai program unggulan di bidang ketahanan pangan, yaitu masyarakat didorong menanam tanaman pangan di pekarangan. Tahun lalu, Kelurahan Rejowinangun memperoleh predikat sebagai kelurahan ketahanan pangan tingkat nasional.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti bangga atas pencapaian Kelurahan Rejowinangun.

“Kelurahan menduduki posisi penting sistem pemerintahan Kota Yogyakarta. Kelurahan, pusat bisnis dari pemerintahan karena pusat pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.