Berita Nasional Terpercaya

Di Sejumlah Pasar, BPOM Masih Temukan Pewarna Tekstil

0

YOGYAKARTA, HarianBernas.com – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Yogyakarta masih temukan pewarna tekstil (Rodhamin B) pada makanan di sejumlah pasar selama bulan puasa, Kamis (30/6).

“Masih banyak pelaku industri makanan yang bandel gunakan Rodhamin B yang mengandung karsinogenik dan dapat memicu sel kanker,” terang I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta.

BPOM menjumpai menyebut kandungan pewarna tekstil dalam makanan, misal roti kukus dan kerupuk di  Pasar Argosari, Gunung Kidul, Pasar Godean, Pasar Beringharjo, dan Pasar Wates. Dari hasil uji 47 sampel makanan di lima pasar di DIY, 22 sampel tidak memenuhi syarat. 22  sampel yang tidak memenuhi syarat, 97 persen memakai campuran Rodhamin B.

Selain Rodhamin B, BBPOM Yogyakarta mendapati kandungan boraks di sembilan produk mi basah di Pasar Cebongan, Sleman. Campuran formalin pada mi basah sulit tidak ditemukan, tapi saat ini berganti memakai boraks.

Dengan bukti temuan-temuan ini, BBPOM akan mengamankan produk yang sejenis lain dan melarang diperjualbelikan di pasar. Berdasarkan penelusuran, hampir seluruh produk dengan kandungan berbahaya itu dipasok produsen dari luar DIY, seperti Purworejo, Muntilan, dan Magelang, produsen di Jawa Tengah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.