Berita Nasional Terpercaya

Jaga Warisan Budaya, Kemdikbud Batasi Pengunjung Naik ke Candi Borobudur

0

JAKARTA, HarianBernas.com ? Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Nadjamuddin Ramly mengungkapkan akan membatasi jumlah pengunjung yang naik ke pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

“Kami akan melakukan pembatasan jumlah pengunjung yang boleh naik ke pelataran Candi Borobudur, karena sebenarnya beban candi tersebut hanya boleh dinaiki oleh 15 pengunjung dalam waktu bersamaan,” kata Nadjamuddin dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/8/16).

Selama ini jumlah pengunjung yang naik ke pelataran Candi Borobudur secara bersamaan mencapai ratusan orang. Bila dibiarkan tanpa pembatasan maka dikhawatirkan umur candi tidak akan bertahan lama.

Kemdikbud juga akan membuat zona penyangga di obyek wisata Candi Borobudur dan Prambanan. Tujuannya untuk menjaga warisan budaya agar bertahan lama. Pihaknya mengaku untuk untuk menjaga warisan budaya bukanlah hal yang mudah.

Pengunjung datang kemudian membuang sampah sembarangan, membuang puntung rokok sembarangan. Sebelumnya ada pihak yang melakukan syuting tanpa seizin pengelola.

Di lain sisi, jumlah satuan pengaman di kawasan Candi Borobudur tidak memadai jumlahnya. Maka perlu adanya edukasi kepada para pengunjung untuk menjaga situs warisan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.