Berita Nasional Terpercaya

4 Peran Suara yang Dapat Mempengaruhi Anda!

0

HarianBernas.com – Dalam membangun state atau membangun tingkat emosional seseorang banyak sekali cara yang bisa kita pelajari. 

Kita juga memahami cara orang lain agar lebih mudah mendapatkan pemahaman adalah dengan cara diberikan secara penglihatan, suara,  perasaan / gerakan. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang Suara.

Ternyata ada 4 hal dari suara yang berperan untuk mempengaruhi kita disetiap saat

 1. Fisiologis

Suara dapat mempengaruhi hormon di setiap saat kita mendengarnya. Nafas, dan detak jantung kita juga akan terpicu karena suara. 

Pernahkah anda mendengar suara ombak laut? Ya, suaranya bisa mendentum keras, dan bahkan suaranya mungkin bisa tenang hingga membuat kita jadi terhanyut dalam lamunan kita masing-masing. 

Ternyata menurut riset, suara ombak ini memilki frekuensi sekitar 12 siklus per menit, dan yang bikin menarik dari frekuensi ini adalah frekuensi ini hampir sama dengan nafas manusia yang sedang tidur. Ada resonansi yang mendalam dengan berada dalam keadaan istirahat/tidur. 

Siklus suaralah yang membuat hormon kita terpengaruh. Walaupun kita sedang tidur, namun jika kita didengarkan sebuah suara, frekuensi kita pun tetap berjalan. Pikiran bawah sadar kita akan menangkap hal tersebut. Ingat ketika anda menyetel sebuah Alarm. Ketika Alarm berbunyi, maka dengan segera anda bangun bukan? Lalu keputusan ada di tangan anda, anda akan mematikannya lalu tidur lagi, atau anda mematikannya dan beranjak bangun dari tidur. 

2. Psychological

Sepanjang sejarah, musik adalah bentuk suara yang paling kuat karena dapat mempengaruhi kondisi emosional kita. Anda ingat ketika anda menonton film Action, Kolosal, drama, atau komedi? Dari semua film ini mempunya genre musiknya masing-masing.

Contoh saja ketika anda menonton film kolosal, TROY Misalnya. Ketika anda menonton film ini, ada sebuah adegan perang Kelompok Achilles menyerang musuhnya, pada saat ini film tersebut memberikan musik yang  maka membuat adrenalin anda terpacu, seolah-olah anda juga ikut di dalamnya. Tetapi bayangkan anda menonton film tapi tanpa suara sama sekali ikatan emosionalnya tidak akan terlalu kuat. 

Misalnya lagi ketika kita menonton komedi, ada suara-suara lucu yang mengajak kita akan lebih mudah untuk tertawa, walaupun jelas ketika kita menonton acara komedi yang lucu itu adalah gerakan komediannya. 

Tetapi ternyata musik BUKAN satu-satunya yang dapat mempengaruhi emosi anda, suara alam juga bisa mempengaruhi emosi kita. Suara kicauan burung misalnya itu kenapa banyak orang yang tergila-gila dengan kicauan burung. Ada berapa ribu jenis suara butung di dunia ini, dan ketika kita di luar rumah mendengarkan suara burung yang bersahut-sahutan, emosi kita akan muncul (ketentraman, kedamaian akan lebih cepat terbangun).

3. Kognitif 

Ketika kita sedang berbicara, anggap saja kita berdua (anda dengan saya) sedang berbicara dan tiba-tiba ada 2 orang sedang berbicara di dekat anda. Ketika kita fokus pada apa yang kita bicarakan, maka kita tidak akan bisa mendengar suara orang yang berbicara di samping kita. Anda akan memutuskan suara mana yang akan dengarkan secar fokus. Tidak mudah mendengarkan 2 suara sekaligus dan masing-masing mempunyai tingkat fokus yang sama. 

Ketika anda bekerja di luar ruangan, padahal pekerjaan anda adalah di dalam ruangan. Di luar sana anda banyak mendengar suara kegaduhan, bising mobil, knalpot yang keras dan suara-suara berisik yang sahut-sahutan. Maka, apakah yang akan Anda rasakan? 

Produktifitas anda pasti akan menurun, karena suara di luar sana akan mengganggu konsentrasi Anda. Mungkin akan berbeda hasilnya jika ketika Anda di luar sana, tetapi sambil mendengarkan musik dengan menggunakan headphone. Anda akan jauh lebih konsentrasi. 

4. Perilaku 

Ketika Anda mendengar musik Techno, apa yang anda rasakan? Emosi seperti apa yang anda miliki? 

Pernah tidak ketika Anda membawa sebuah kendaraan, Anda yang sebelumnya membawa mobil pelan dan santai, lalu Anda menghidupkan musik, dan musiknya adalah musik Techno yang Anda senangi. Maka tak terasa pedal gas Anda akan semakin terasa semakin dalam, kecepatan / Km Anda pun meningkat. Anda mulai menggerak-gerakan badan Anda, dan mobil Anda tak berasa semakin cepat. 

Bagaimana jika anda mendengar suara mesin BOR ?

Besar kemungkinan Anda akan merasa tidak nyaman dan Anda akan banyak melakukan cara / gerakan untuk menutupi suara bor tersebut. 

Misalnya saat ini anda memiliki sebuah toko alat-alat elektronik. Namun dalam toko ini, Anda menyetel musik dengan jenis musik Punk, sedikit sekali yang menyukai lagu jenis ini. Anda menjual alat-alat elektronik  tetapi Anda menyajikan musik Jenis PUNK, besar kemungkinan musik tersebut juga akan mempengaruhi keinginan customer untuk berbelanja. 

 

Salam Dahyat!

VAO 

Service Excellence Trainer

Untuk mengundang Vicktor Aritonang (VAO) berbicara di perusahaan Anda, silakan menghubungi di [email protected]. Bagi yang ingin mendapatkan artikel motivasi setiap harinya, dapat langsung menghubungi WA saya di 0812.7307.3882  

Leave A Reply

Your email address will not be published.