Berita Nasional Terpercaya

Perfilman Jogja Sukses Meraih Berbagai Penghargaan dalam AFI 2016

0

HarianBernas.com ? DI Yogyakarta telah mempunyai posisi yang mengagumkan di dalam perhelatan malam penganugerahan serta penghargaan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016. Hal ini disebabkan, perwakilan DI Yogyakarta mampu menjadi nominee serta pemenang di dalam beberapa katogori dalam acara yang dilakukan di Manado, Sulawesi Utara.

Tahun ini, DI Yogyakarta memperoleh 4 penghargaan yakni

  • Penghargaan Apresiasi Film Panjang Non Bioskop melalui film Istirahatlah Kata-kata yang merupakan karya dari Anggi Noen
  • Apresiasi Film Anak oleh film Amarta yang merupakan karya Bambang 'Ipoenk' KM,
  • Apresiasi Pemerintah Daerah yang diberikan oleh Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Apresiasi Festival Film diberikan oleh Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF).

Tentu saja kemenangan JAFF di dalam Apresiasi Film Indonesia 2016 telah membawa semangat tersendiri bagi penyelenggaraan JAFF. Jika dilihat dari sejarahnya lebih dari 1 dasawarsa, JAFF telah diinisiasi oleh beberapa komunitas film independen di Jogja bahkan sesaat setelah terdapat gempa bumi.

Jadi bisa dibilang, JAFF merupakan bentuk selebrasi yang tetap mengunggulkan ekspresi apresiasi, kolaborasi dan solidaritas. Acara tahunan ini telah menjadi sarana perjumpaan yang erat dengan pembuat film, karya serta penontonnya sendiri.

JAFF sendiri selalu mengajarkan kerendahan hati untuk bisa selalu bisa menemukan sisi positif dari sebuah karya dan kerja keras di dalamnya serta menghargai hal tersebut. Sedangkan untuk JAFF 2016 yang menginjak usia 11 tahun ini akan diadakan pada tanggal 28 November sampai 3 Desember 2016.

Leave A Reply

Your email address will not be published.