Berita Nasional Terpercaya

SD di Amerika Ini Gantikan Hukuman Bagi Siswa dengan Meditasi

0

HarianBernas.com ? Sebuah sekolah dasar (SD) di Baltimore, AS telah menerapkan cara menghukum yang unik terhadap muridnya yang nakal. SD yang bernama Robert W. Coleman Elementary School itu menerapkan latihan meditasi menggantikan hukuman untuk para siswanya yang berulah.

Mereka akan ditempatkan ke ?Mindfull Moment Room?, tempat mereka menenangkan diri. Para siswa juga berlatih meditasi nafas untuk membantu merenungi kekeliruan yang telah diperbuat.

Upworthy melaporkan, ?Mindfull Moment Room? dihias warna-warna cerah di dinding dan bantal ungu untuk alas duduk. Cara semacam ini diyakini akan jauh lebih efektif membuat para siswa sadar akan kekeliruan yang telah diperbuatnya, daripada anak diberikan hukuman fisik atau dimarahi.

Pihak sekolah mengaku melihat adanya perubahan tingkah laku anak-anak menjadi lebih baik, sehingga membuat beberapa sekolah sekitar menjalankan program semacam ini juga.

Hal ini juga ternyata membawa manfaat positif bagi para siswa. Mereka mengaku program itu membantu mereka lebih fokus ketika ujian, bisa mencegah mereka berkelahi dengan sesama siswa, dan bisa lebih sabar ketika menghadapi orangtua mereka.

Seorang siswa kelas 5 lewat pengakuan tertulisnya mengaku meditasi itu bisa menyelesaikan masalahnya, ketika ia sedang emosi atau marah. Ia tinggal menarik nafas dalam-dalam, dan membayangkan ada di tempat yang disukainya. Lalu ia hanya berpikir bisa menghadapi semua orang, serta menjadi orang yang lebih besar dan bijak.

?Aku memikirkan sesuatu yang akan dilakukan pula oleh orang yang kuat secara fisik maupun mental,? katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.