Berita Nasional Terpercaya

Menlu Retno: Harus Bangga Menjadi Indonesia

0

Yogyakarta, HarianBernas.com– Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi meminta setiap warga negara Indonesia (WNI) untuk bangga menjadi Indonesia, Rabu (3/11).

“Harus semangat dan bangga menjadi Indonesia. Kita yakin ke depan Indonesia akan lebih baik,” ucapnya saat memberi sambutan dalam 'Inspiring Talk Emtek Goes to Campus 2016' di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Retno menyebut diri sebagai wanita pertama yang menjabat Menteri Luar Negeri dengan tanggung jawab yang mudah untuk dijalankan. Namun, pengalamannya sebagai diplomat hampir 30 tahun, membuatnya dapat melangkah dengan mantap.

“Kerja keras bukan pilihan, tapi itu adalah suatu keharusan,”imbuh Retno.

Menurut Retno, Pemerintahan yang dipimpin Presiden Jokowi ingin menciptakan politik luar negeri yang membumi sehingga dapat dirasakan secara langsung rakyat dan dapat memberikan kontribusi untuk perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan dunia.

Retno menuturkan tiga hari setelah dilantik, Pemerintah mengeluarkan 4 prioritas politik luar negeri, yaitu (1) Melindungi integritas wilayah Indonesia, (2) Melindungi warga negara Indonesia dan badan hukum Indonesia di luar negeri, (3) meningkatkan diplomasi ekonomi, serta (4) Meningkatkan partisipasi dan kontribusi Indonesia untuk isu-isu kawasan dan dunia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.