Berita Nasional Terpercaya

Fahri Hamzah: Pemerintah Tak Boleh Pusing dengan Banyaknya Ormas

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai pemerintah tak boleh pusing dengan banyaknya organisasi kemasyarakatam (Ormas). Sebabnya Indonesia memiliki sejarah tradisi kelembagaan swadaya masyarakat jauh sebelum Indonesia berdiri.

?Kita sudah punya Ormas sebelum negara lahir, Boedi Oetomo, Sarikat Dagang Islam, semua perkumpulan. Jangan pusing  dengan fakta negara dengan kewaspadaan yang tinggi,? ujarnya di Komplek Parlemen, Jumat (9/12/2016) kemarin.

Pernyataan Fahri merespon adanya usulan dilakukannya revisi terhadap UU No.17 Tahun 2013 tentang Ormas. Menurutnya Ormas tak perlu dikekang. Sebab kebebasan berkumpul dijamin oleh UU dan konstitusi. ?UU gak perlu menyamaratakan dan menyeragamkan. Biar saja orang dengan karakter sendiri. Cuma jelaskan klausul mana yang melanggar dan tidak,? ujarnya.

Menurutnya terhadap Ormas yang melakukan tindakan menyegel, menggerebek dan menggeledah mesti ditindak. Sebab tindakan tersebut hanya penegak hukum jualah yang dapat meakukan tindakan projustisia. Menurutnya tindakan hukum hanya dapat dilakukan penegakan hukum. Ia menilai pemerintah tak boleh pusing menghadapi banyaknya Ormas.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan banyaknya Ormas di Indonesia menjadi nasib sebagai bangsa yang demokrasi. Nah tugas pemerintah mengelola keberagaman suku dan agama di tanah air.

?Jangan asas tunggal, ngapain. Otoritarianisme yang menyederhanakan pemerintah. Kita gak mau. Kita mau demokratis. Cara berpikir ini gak boleh setback. Jadi bingung hadapi keberagaman masyarakat. Akhirnya pengen ke otoriter,? pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.