Berita Nasional Terpercaya

Festival Budaya Indonesia yang akan Diselenggarakan Tahun 2017

0

HarianBernas.com – Di Indonesia terdapat kurang lebih 500 suku yang memiliki budaya yang berbeda satu sama lain. Hal ini membuat Indonesia memiliki berbagai festival budaya yang wajib untuk dikunjungi bagi Anda yang merupakan pecinta traveling. Apalag,i bagi Anda yang menyukai budaya dan seni rhoma disarankan untuk hadir dalam festival kebudayaan ini.

Di Indonesia memiliki festival budaya yang diselenggarakan setiap tahun secara rutin. Biasanya festival budaya ini diadakan untuk menarik wisatawan mancanegara agar berkunjung ke Indonesia. Berikut ini adalah festival budaya yang akan diselenggarakan pada tahun 2017 mendatang.

1. Festival Bau Nyale Putri Mandalika Di Kuta, Lombok

Apabila Anda sudah memiliki rencana perjalanan ke Lombok, maka tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi Festival Bau Nyale Putri Mandalika yang diadakan pada 10 sampai 15 Februari. Biasanya Festival Bau Nyale diselenggarakan pada hari ke 20 dan bulan ke-10 menurut perhitungan bulan tradisional Suku Sasak.

Kata Bu berarti menangkap, kata Nyale berarti cacing laut yang muncul ke permukaan. Kata Bau dan Nyale merupakan kata yang diambil dalam Bahasa Sasak. Festival Bau Nyale sangat identik dengan menangkap cacing yang ada di sepanjang Pantai Lombok.

2. Java Jazz Festival

Dalam penyelenggaraan Jakarta International Java Jazz Festival, pada tahun 2017 merupakan tahun penyelenggaraan yang ke 13. Bagi Anda yang senang mendengarkan musik jazz, Anda bisa hadir ke festival ini yang diadakan pada 3-5 Maret mendatang.

Tidak hanya musisi jazz saja yang didatangkan namun berbagai genre lain seperti soul, rnb, dan reggae akan hadir memeriahkan festival ini. Jakarta international java jazz festival akan diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

3. Festival Tidore

Acara ini merupakan festival budaya yang bertujuan untuk mempersatukan berbagai acara adat. Terdapat berbagai rangkaian acara yang terdapat dalam Festival Tidore. Festival Tidore diadakan pada tanggal 1 hingga 3 April mendatang. Berbagai lomba dan kegiatan adat turut memeriahkan acara festival ini..

4. Semarang Night Carnival

Untuk menyambut Hari Ulang Tahun kota semarang yang ke 470, pemerintah Semarang mengadakan carnival untuk menyemarakkan hari ulang tahun. Carnival pertama diselenggarakan pada tahun 2011 lalu. Acara ini diikuti oleh banyak peserta mulai dari komunitas, pelajar, pekerja seni, dan berbagai pihak lain. Carnival ini akan diadakan pada 7 Mei. Di carnival ini Anda bisa menemukan berbagai macam hiasan seperti lampion yang memiliki berbagai macam bentuk.

5. Upacara Adat Tengger Yadnya Kasada

Tahun depan tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Gunung Bromo di Jawa Timur. Karena pada 9-10 Juli mendatang terdapat ritual tahunan terbesar dari suku asli tengger di lereng Gunung Bromo. Setiap tahunnya, umat Hindu Suku Tengger akan melemparkan sesaji ke kawah Gunung Bromo.

Sesaji tersebut bisa berupa buah-buahan, sayur mayur, uang, atau hewan ternak. Sesaji ini akan dipersembahkan kepada Sang Hyang Widhi.

6. Festival Reog Ponorogo

Kesenian reog merupakan salah satu kesenian di Ponorogo. Bahkan kesenian Reog Ponorogo ini sudah terkenal ke kancah internasional. Setiap menjelang Bulan Suro atau Bulan Muharram, masyarakat Ponorogo selalu menggelar festival reog nasional di Alun-Alun Ponorogo.

Festival reog nasional diadakan dalam rangka Grebeg Suro. Tidak hanya masyarakat Ponorogo saja yang mengikuti festival ini rupanya banyak peserta dari seluruh Indonesia yang ikut memeriahkan festival ini.

7. Pesta Reba

Pada bulan desember hingga Februari, biasanya akan diselenggarakan Pesta Reba. Puncak dari Pesta Reba sendiri berada di pertengahan Januari yaitu setiap tanggal 14 hingga 16 Januari tiap tahun. Pesta Reba merupakan salah satu festival kebudayaan adat di Nusa Tenggara Timur. Pesta Reba diselenggarakan untuk menyambut pergantian tahun. Ciri khas dari Pesta Reba adalah memakan ubi bersama sambil melihat Tarian Adat Besa Uwi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.