Berita Nasional Terpercaya

Hutan Amazon Mengalami Penggundulan Lebih Cepat

0

HarianBernas.com – Penebangan ilegal selalu menjadi momok bagi hutan di belahan Bumi manapun. Tak terkecuali untuk Hutan Amazon, hutan tropis terbesar di dunia yang terletak di Amerika Selatan. Pemerintah Brazil dalam temuan terbarunya melaporkan kalau laju penggundulan Hutan Amazon akibat penebangan liar mengalami peningkatan.

Citra satelit yang diambil oleh Institut Nasional Riset Luar Angkasa menunjukkan kalau antara bulan Agustus 2015 hingga Juni 2016, area hutan seluas 7.989 kilometer persegi mengalami kehancuran. Pada periode yang sama setahun sebelumnya, area hutan yang mengalami kerusakan ?hanya? sekitar 6.207 kilometer persegi.

Krisis ekonomi yang sedang menimpa Brazil dituding sebagai penyebab meningkatnya laju penggundulan hutan. Terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh pemerintah membuat lembaga yang menangani masalah pelestarian hutan menerima pendanaan 30 persen lebih rendah dibandingkan sebelumnya. Dampaknya, para penebang liar di Hutan Amazon jadi lebih leluasa beroperasi.

Menjaga kelestarian Hutan Amazon adalah hal yang penting bagi pemerintah Brazil sebagai akibat dari begitu vitalnya peran hutan yang bersangkutan. Ada banyak spesies flora dan fauna yang menghuni hutan tersebut. Sekitar 180 suku-suku pribumi juga menjadikan kawasan pelosok Hutan Amazon sebagai tempat tinggalnya. Hutan Amazon juga memiliki peran penting dalam memerangi pemanasan global karena hutan raksasa tersebut menyerap 2 milyar ton gas karbon dioksida setiap tahunnya.

Kendati demikian, masalah penggundulan hutan ini diperkirakan bisa diatasi begitu perekonomian Brazil mengalami perbaikan. Karena metode-metode yang selama ini dijalankan oleh pemerintah Brazil untuk menjaga kelestarian Hutan Amazon terbukti efektif dan bahkan menjadi contoh bagi negara-negara pemilik hutan lainnya. Metode yang digunakan oleh pemerintah Brazil mencakup pemotretan hutan memakai satelit, pendirian kawasan hutan lindung, pemberian hukuman berat kepada penebang liar, dan kerja sama dengan suku-suku pribumi setempat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.