Berita Nasional Terpercaya

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan Penderita Stroke

0

HarianBernas.com – Apabila Anda pernah mengalami stroke, maka Anda harus lebih berhati-hati agar tidak mengalami stroke lagi. Stroke merupakan akibat dari terhambatnya aliran darah ke otak sehingga terdapat banyak sel yang mati. Stroke dibagi dari dua macam yaitu hemorrhagic dan ischemic.

Hemorrhagic merupakan pendarahan yang terjadi pada otak. Sedangkan ischemic merupakan kondisi dimana otak tidak tersuplai darah. Walaupun dibagi jadi dua, kedua jenis stroke ini mampu membuat fungsi otak jadi menurun.

Tanda-tanda stroke yang bisa diamati adalah kesulitan berbicara, mengalami kelumpuhan pada anggota tubuh, kepala pusing, dan mata tidak bisa melihat dengan jelas.

1. Mengkonsumsi banyak buah dan sayur

Berbagai buah-buahan seperti anggur, strawberry, dan blackberry mengandung zat penawar yang mampu mematikan zat radikal yang akan membunuh sel tubuh. Selain itu makanan bergaya timur tengah mampu meminimalisir resiko terkena stroke. Hal ini dikarenakan menu makanan gaya timur tengah mengandung kacang-kacangan, buah, ikan, dan berbagai sayuran.

Asam urat akan berkurang, kolesterol akan turun, gula darah dan darah tinggi akan terkendali. Menu makanan timur tengah sangat menghindari pemakaian minyak. Sehingga bisa dikatakan bahwa menu makanan timur tengah mengandung sedikit minyak. Sebelum masakan dihidangkan, biasanya makanan timur tengah akan diberi minyak zaitun.

Minyak zaitun ini sengaja diberikan menjelang disajikan agar tidak mengubah struktur minyak.

2. Olah raga yang rutin

Anda juga harus menjaga kesehatan fisik Anda. Salah satunya dengan memiliki gaya hidup yang aktif. Lakukan olahraga ringan secara rutin agar tubuh Anda semakin sehat. Apabila Anda memiliki penyakit pembuluh darah, Anda bisa menyembuhkan nya dengan olahraga ringan.

Selain itu bagi Anda yang takut berat badannya akan naik, lakukan olahraga untuk mengendalikannya. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat karena olahraga ringan sudah mampu mengendalikan gula darah dan tekanan darah Anda.

Bagi Anda yang belum terbiasa berolahraga, mungkin awalnya akan terasa lelah. Namun selanjutnya Anda akan merasakan tubuh yang bugar.

3. Mengurangi stres

Apabila Anda terlalu sering stres, maka Anda memiliki presentase yang cukup besar untuk terserang stroke. Mulai sekarang hiduplah dengan sedikit lebih santai. Untuk meminimalisir stres Anda bisa melakukan taichi, yoga, atau bertamasya. Kurangi menyimpan perasaan dendam atau benci karena Anda akan merasakan akibatnya sendiri.

Jangan menunda-nunda pekerjaan, karena akan membuat pekerjaan Anda jadi menumpuk dan tambah banyak. Kerjakan pekerjaan Anda sampai tuntas secara perlahan-lahan. Ketika Anda terlalu sering menunda pekerjaan, maka deadline Anda juga akan semakin menghantui Anda. Apalagi jika Anda tidak bisa membagi waktu. Dikejar deadline pasti akan membuat Anda tidak bisa tidur dan dilanda kepanikan.

4. Mengurangi konsumsi gula dan garam

Bagi Anda yang sudah memasuki usia lanjut, maka Anda harus benar-benar memperhatikan kadar gula dan garam dalam makanan Anda. Karena apabila Anda mengkonsumsi terlalu banyak gula dan garam akan membuat tekanan darah Anda jadi tinggi. Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi gula, maka akan membuat Anda menderita diabetes. Tekanan darah tinggi dan diabetes merupakan penyakit yang mampu memicu stroke.

Saat ini, stroke tidak hanya menyerang mereka yang yang sudah lanjut usia saja. Banyak kasus yang menceritakan bahwa stroke juga bisa menyerang mereka yang masih muda. Sehingga, bukanlah hal yang tidak mungkin jika diusia Anda yang masih muda ini, terserang stroke. Rasanya, mimpi Anda masih banyak, dan sangat disayangkan jika Anda terserang stroke.

Leave A Reply

Your email address will not be published.