Berita Nasional Terpercaya

Lahan Bekas Kebakaran Hutan di Spanyol Diusulkan untuk Dijadikan Kuburan

0

HarianBernas.com – Sebuah proyek unik diajukan oleh asosiasi pemadam kebakaran di Spanyol. Mereka melobi dewan kota setempat supaya area hutan yang baru saja dilanda kebakaran diubah menjadi lahan pemakaman palsu. Dengan kata lain, lahan pemakaman tersebut nantinya tidak akan digunakan untuk mengubur jasad kendati ditampilkan menyerupai taman pemakaman.

Walaupun terkesan aneh, ternyata asosiasi pemadam kebakaran Spanyol memiliki pertimbangan jangka panjang untuk mewujudkan hal tersebut. Jika lahan hutan bekas kebakaran langsung dialihfungsikan menjadi kebakaran, maka diharapkan tidak akan ada lagi oknum-oknum yang melakukan pembakaran hutan secara sengaja agar bisa mendirikan bangunan komersial di lokasi bekas kebakaran.

Tahun 2015 lalu, parlemen Spanyol baru saja mengesahkan peraturan baru yang kontroversial. Lewat peraturan tersebut, wilayah bekas kebakaran hutan bisa digunakan untuk mendirikan bangunan 2 tahun setelah kebakaran terjadi. Sebelum peraturan baru tersebut disahkan, wilayah bekas kebakaran hutan baru bisa dialihfungsikan menjadi lahan bangunan sesudah 30 tahun.

Sejumlah warga Spanyol yang menolak peraturan baru tersebut lantas membuat petisi di situs Change.org supaya peraturan tersebut dicabut. Alasannya adalah karena peraturan tersebut hanya akan meningkatkan praktik pembakaran hutan secara sengaja. Sejauh ini petisi tersebut sudah berhasil mengumpulkan lebih dari 400 ribu tanda tangan.

Spanyol sendiri memang memiliki masalah terkait penggundulan hutan. Antara tahun 2000 hingga 2012, lebih dari 619 ribu hektar hutan di Spanyol menghilang. Lembaga antariksa NASA bahkan mengestimasi kalau dengan laju penggundulan hutan yang terjadi sekarang, seluruh hutan hujan di Bumi beserta flora fauna di dalamnya akan menghilang dalam kurun waktu 100 tahun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.