Berita Nasional Terpercaya

PSSI Pastikan Joko Widodo Membuka Piala Presiden

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal membuka kick off turnamen Piala Presiden 2017 pada 4 Februari mendatang yang akan melibatkan lima kota sebegai penyelenggara.

Menurut Direktur Event PSSI Erlangga Arya saat pengundian grup Piala Presiden di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (24/1/17) mengaku, pemindahan tanggal pembukaan dari 31 Januari menjadi 4 Februari karena menunggu konfirmasi kesediaan Presiden Joko Widodo untuk membuka langsung perhelatan Piala Presiden.

“Sementara kami belum dapat konfirmasi dari pihak Istana untuk lokasi kota pembuka, masih menunggu jadwal Bapak Presiden. Akan kami informasikan lebih lanjut. Yang pasti turnamen ini akan dibuka pada 4 Februari dan ditutup Bapak Presiden,” ujar Erlangga.

Seperti diketahui, Piala Presiden 2017 diikuti 20 klub, 18 dari Indonesia Super League (ISL) dan dua Divisi Utama, yaitu PSCS Cilacap, dan PSS Sleman. Mereka akan berlaga di lima tempat, yakni Sleman, Bandung, Malang, Madura dan Bali.

Berdasarkan hasil pengundian grup, PSS Sleman yang menjadi tuan rumah Grup 1 akan menghadapi juara Indonesia Soccer Championship (ISC) Persipura Jayapura, Mitra Kukar dan Persegres Gresik. Untuk Grup 2 dihuni tuan rumah Arema FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta dan PS TNI. Sedangkan Grup 3 diisi Persib Bandung, PSM Makassar, Persiba Balikpapan dan Persela Lamongan. Bali United yang menjadi tuan rumah Grup 4 akan ditantang Sriwijaya FC,

Pusamania Borneo FC dan Barito Putera. Sementara itu, satu-satunya klub asal Jateng, PSCS Cilacap menempati Grup 5 bersama tuan rumah Madura United, Semen Padang dan Perserui Serui. Grup ini akan bermain di Gelora Bangkalan, Madura. Menurut Erlangga, babak penyisihan akan menggunakan sistem setengah kompetisi.

“Masing-masing juara grup dan tiga runner up terbaik melaju ke babak delapan besar yang menggunakan sistem gugur, pada saat semifinal menerapkan sistem home away, sedangkan final pakai single match,” papar Erlangga.

Pihak penyelenggara sendiri akan menyiapkan hadiah Rp. 3 miliar untuk peraih juara, lalu Rp. 2 miliar untuk peringkat kedua, Rp. 1 miliar untuk peringkat ketiga, dan Rp. 500 juta untuk peringkat IV.

Leave A Reply

Your email address will not be published.