Berita Nasional Terpercaya

Yuk Kenali Teknik Hacking Phising yang Harus Anda Tahu

0

HarianBernas.com ? Memang sampai saat ini permasalahan hacking masih saja menjadi masalah yang ramai dibicarakan. Bahkan belum lama ini, laman FBI yang telah menjadi korban hacking di awal tahun 2017 yang lalu. Selain itu, tentu saja banyak juga akun media sosial dari para selebritis dan CEO yang jadi target utama. Tentu saja akibat dari hal tersebut sangatlah berbahaya serta menimbulkan masalah yang besar.

Jika berbicara kasus hacking, sebenarnya terdapat satu teknik yang dikenal dengan nama phising. Dengan memakai teknik tersebut, para hacker dapat mencuri banyak data pribadi yang dimiliki orang umum. Tentu saja hal itu terasa sekali dalam kasus kejahatan digital terbesar yang sudah terjadi di tahun lalu dimana hacker sukses mengambil data jutaan email yang ada di bawah Yahoo.

Lantas apakah phising itu serta bagaimana cara mencegah hal tersebut?

Diambil dari Google, Phising merupakan sebuah tindakan untuk mendapatkan informasi pribadi. Sebagai contohnya User ID, no. rekening bank, password dan berbagai data penting lainnya yang dilakukan dengan menyamar dirinya sebagai seseorang atau organisasi yang dianggap berwenang mengetahui data melalui jalur komunikasi digital.

Phising itu asalnya dari fishing yang kemudian sengaja diubah huruf F jadi PH. Karena di masa lalu, hacker lebih menyukai huruf PH dibandingkan F. Jadi bisa dibilang Phising adalah kegiatan untuk memancing di dunia maya. Memang biasanya hacker mempersiapkan sebuah situs palsu yang diubah layaknya situs yang sebenarnya atau asli.

Nantinya situs itu akan disebar ke berbagai email, media sosial layaknya whatsapp, bbm dan masih banyak lagi. Kemudian sang hacker hanya tinggal menunggu waktu hingga terdapat seseorang yang rela menjadi korban. Setelah terdapat korban, maka hacker dapat mempunyai jalan menuju akun sang korban.

Coba bayangkan jika ternyata situs yang dipalsukan adalah situs perbankan. Pastinya hal itu akan sangat merugikan untuk sang korban. Belum lagi terdapat kemungkinan uang yang ada di dalam rekening bisa saja dikosongkan oleh pejahat digital tersebut.

Untuk itu Kita perlu mencegah hacking phising diantaranya dengan:

  1. Perhatikanlah URL laman yang sering di datangi. Jika Anda sering datang ke harianbernas.com maka penjahat digital akan menutupi situs palsu itu dengan hari4nbernas.com. Jika dilihat  sekilas memang hampir sama. Perbedaannya  terletak di laman harianbernas.com yang asli memakai huruf a dan yang palsu dengan angka 4.
  2. Mengabaikan email dimana pengirimnya tak dikenal jika memang diperlukan tak ada salahnya email tersebut untuk dihapus.
  3. Berhenti lakukan unduhan software di laman yang tak jelas.

Jika telah terlanjur kena hack, apa yang harus dilakukan?

Ternyata Anda masih dapat melakukan akses ke dalam akun maka segeralah mengganti password. Ingatlah bukan hanya Anda yang terkena hack, bisa jadi banyak akun lain yang ada di internet pun bernasib sama.  

Tetapi jika akun sudah tak dapat diakses maka ada baiknya untuk melakukan pengawasan akan gerak-geriknya karena bisa saja memperoleh petunjuk yang penting. Tetapi jika itu berhubungan dengan akun perbankan maka ada baiknya untuk memberikan informasi tersebut kepada bank atau polisi.

Jika telah terlanjur hal tersebut terjadi maka segeralah memberikan informasi jika akun telah terkena hack dan segeralah memberitahukan jika terjadi tindakan yang berhubungan dengan akun yang di-hack bukan lagi tanggung jawab Anda lagi. Itulah beberapa informasi tentang hacking dengan teknik phising beserta cara mencegahnya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.